Dark/Light Mode

Aktivis Muda Wacanakan Ketua KNPI Jakarta Nadia Jadi Cawagub Kalangan Milenial

Sabtu, 23 Maret 2024 11:01 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Insantara Institute menggelar diskusi kepemudaan dengan tema "Menggagas Masa Depan Pemimpin Baru Jakarta", di Warunk Upnormal Cikini, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Hadir beberapa pimpinan Organisasi Kepemudaan (OKP) Cipayung DKI Jakarta, seperti Ketua Umum PW HIMA PERSIS DKI Jakarta, Mustafa Bayyain; Sekretaris Umum PW KAMMI DKI Jakarta, Fuadi Firdaus; dan Ketua Umum KMHDI DKI Jakarta, I Nyoman Sugidana.

Kemudian, Komda PMKRI DKI Jakarta, Evensianus Dahe Jawang; dan Ketua Umum GMNI DKI Jakarta; Michael Silalahi.

Direktur Eksekutif Insantara Institute, Hendra mengatakan diskusi yang bertemakan Menggagas Masa Depan Pemimpin Baru Jakarta ini digelar untuk menjalin silaturahmi.

“Serta untuk merajut pemikiran pemikiran pemuda yang ada di Jakarta untuk masa depan Jakarta,” ujarnya.

Baca juga : RUU DKJ Di Paripurnakan 4 April, Jakarta Bakal Jadi Pusat Perekonomian Nasional

Sementara I Nyoman Sugidana mengungkapkan, Pilkada Jakarta semakin dekat. Pemuda maupun aktivis harus turut ikut serta dalam mengambil posisi strategis dalam kontestasi tersebut.

“Melihat kontestasi Pilkada Jakarta, ini peluang pemuda atau aktivis milenial untuk ikut serta dalam Pilkada Jakarta. Seharusnya ada aktivis milenial atau anak muda yang mewakili,” kata Sugidana.

Menurutnya, banyak tokoh dari kalangan milenial yang bisa didorong untuk menjadi representasi anak muda dalam kontestasi pilkada Jakarta mendatang.

“Salah satunya ya Nadia, Ketua KNPI Jakarta atau Ketua OKP lainnya sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta,” usulnya. 

Fuadi Firdaus menambahkan, kolaborasi antar generasi dalam membangun Jakarta diperlukan.

Baca juga : Kalau Mau, Kaesang Bisa Jadi Cagub DKI

Tidak ada isu lagi perbedaan antara usia anak muda dan yang tua untuk berkolaborasi.

“Melihat fenomena politik saat ini, seharusnya anak muda dapat menjadi pucuk pimpinan seperti wakil presiden terpilih sekarang, Gibran Rakabuming Raka, peluang pemuda untuk menjadi pimpinan harus dari pemuda itu sendiri,” tutur Fuadi.

Proses pembangunan di Jakarta ini perlu dilakukan. Pemuda harus menjadi pendobrak pembaruan untuk Jakarta.

“Kaum muda harus menyuarakan dan mendobrak melakukan pembaharuan untuk pembangunan Jakarta ke depannya,” ungkap Musthafa Bayyin.

Sementara Michael Silalahi mengungkapkan, adanya keterwakilan kaum muda yang berlatar belakang aktivis mampu memberikan masukan yang konstruktif untuk merespon permasalahan yang ada di ibu kota.

Baca juga : Kepala BNPT Letakkan Batu Pertama Museum Nasional Penanggulangan Terorisme

Sedangkan Evensianus Dahe Jawang Komda PMKRI DKI Jakarta mengungkapkan, kolaborasi dan sinergi harus dibangun.

“Pemimpin yang diharapkan orang muda adalah orang yang mampu mengubah air mata kemiskinan menjadi air mata kesejahteraan," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.