Dark/Light Mode

Berburu Tiket Cagub Banten

Airin Lirik Parpol Di Luar KIM

Selasa, 7 Mei 2024 06:30 WIB
Politisi Partai Golkar yang juga mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany memberi sambutan usai menyerahkan formulir penjaringan bakal calon gubernur Banten di Kantor DPW PAN Banten, di Serang, Senin (6/5/2024) ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN/AWW.
Politisi Partai Golkar yang juga mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany memberi sambutan usai menyerahkan formulir penjaringan bakal calon gubernur Banten di Kantor DPW PAN Banten, di Serang, Senin (6/5/2024) ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN/AWW.

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany terus berburu tiket agar dapat maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Termasuk kemungkinan koalisi dengan parpol di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM), yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

SAAT ini, Airin yang merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Gol­kar (KPPG) itu baru mendapat rekomendasi dari Partai Golkar untuk maju menjadi calon Guber­nur (Cagub) Banten 2024-2029.

“Yang pasti kemarin ada pendaftaran dari PAN dan Nas­Dem, sudah mengambil formu­lir. Insya Allah, dalam waktu dekat mengembalikan formulir barengan dengan PDIP maupun dengan PKB,” ujar Airin dalam keterangannya, Senin (6/5/2024).

Airin menjelaskan, Partai Golkar tidak bisa sendirian mengusung dirinya di Pilgub Banten 2024. Sebab, Partai Beringin itu hanya mendapat­kan 14 kursi dalam Pileg 2024 di DPRD Banten. Sementara, dibutuhkan minimal 20 kursi bagi parpol untuk mengusung pasangan calon (paslon) dalam Pilgub Banten.

Dengan itu, Airin mengaku sedang bergerak demi mendapat­kan dukungan atau koalisi dari partai politik (parpol) lainnya. Diawali dengan silaturahmi yang baik dengan seluruh parpol yang ada di Provinsi Banten.

“Semoga ini menjadi awal yang baik dalam proses de­mokrasi di Provinsi Banten, dalam rangka pemenangan Pilkada 2024,” harap dia.

Baca juga : Lawan Sakit, Rublev Jawara

Menurut Airin, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah menugaskannya untuk menjalin komunikasi atau koalisi dengan parpol lain. Terma­suk pula di dalamnya dengan Par­tai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pasalnya, PKB memiliki 10 kursi di DPRD Provinsi Banten.

“Dalam surat tugas bukan hanya untuk maju pilkada, tapi juga untuk membangun koalisi silaturahim, dengan partai-partai yang ada di provinsi, kabupaten/kota masing-masing,” jelas Airin.

Selain itu, Airin menjelas­kan alasannya memilih untuk maju Pilgub Banten meskipun lolos Pileg DPR 2024, dengan perolehan suara tertinggi di dapil Banten III. Dia mengklaim, putusan maju di Pilgub Banten sangat manusiawi.

“Tetapi, sekali lagi ini adalah bentuk proses demokrasi, bagian dari ikhtiar. Kita bisa bekerja di mana pun, yang penting mem­berikan manfaat,” imbuhnya.

Sementara, Sekretaris Tim Penjaringan Dewan Pimpin­an Wilayah (DPW) Nasional Demokrat (NasDem) Banten, Atma Wijaya mengatakan, ada 4 bacagub dan bacawagub, yang telah mengambil formulir pendaftaran dari NasDem.

Mereka adalah mantan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Anggota DPR Dimyati Natakusumah, Pegiat Kebuday­aan Ratu Ageng Rekawati dan pensiunan TNI Eden Gunawan.

Baca juga : Pengusaha UEA Lirik Investasi Ke Indonesia

“Sejak dibuka tanggal 1 Mei 2024 hingga hari ini, baru ada 4 orang yang mengambil for­mulir,” kata Atma dalam kete­rangannya, Senin (6/5/2024).

Atma mengatakan, Eden Gunawan mengambil formu­lir pendaftaran sebagai bakal Wagub Banten. Sedangkan tiga lainnya, mengambil formulir bakal cagub. “Mereka mulai bertahap akan mengembalikan formulir,” ucapnya.

Atma menjelaskan, penjarin­gan calon kepala daerah (cakada) Banten dibuka sampai 7 Mei 2024. Nantinya, nama-nama yang mengembalikan formulir akan diserahkan ke DPP Nas­Dem untuk mendapat restu atau rekomendasi dari Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh.

“Antara Juni-Agustus reko­mendasi turun,” ungkapnya.

Sedangkan, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Banten, Iti Octa­via Jayabaya menginginkan melanjutkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilgub Banten 2024.

“Chemistry-nya sudah ketemu, karena di Pilpres sudah bareng-bareng, sudah mengetahui karak­ter masing-masing” kata Iti dalam keterangannya, Senin (6/5/2024).

Baca juga : Hakim Gazalba Banyak Transaksi Pakai Dolar

Mantan Bupati Lebak itu mengaku, menjelang Pilkada 2024 dirinya menjalin komu­nikasi dengan semua parpol di KIM. Langkah tersebut sebagai implementasi dari instruksi DPP Partai Demokrat.

“Kami harus menjalin komu­nikasi dengan partai koalisi di KIM dulu,” ujar Iti.

Selain itu, Iti juga mengaku sudah bertemu jajaran petinggi DPD Partai Golkar Banten yang telah mengusung Airin Rachmi Diany sebagai Cagub Banten. Namun, dia mengaku akan me­lihat terlebih dahulu sebelum memutuskan mendukung calon orang nomor satu di Banten itu.

Partai Demokrat, kata Iti, akan melihat elektabilitas dan popularitas masing-masing ba­cagub dan bacawagub yang akan didukung partainya.

“Kemarin Bu Airin sudah digadang-gadang sebelum men­jadi ketua Tim Kampanye Dae­rah (TKD) akan ikut Pilgub. Tidak menutup kemungkinan kita akan bersama-sama, karena tahapan pilkada juga masih ber­jalan,” tutup Iti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.