Dark/Light Mode

Banyak Calon Yang Muncul

Pilkada Jakarta Bakal Sengit

Minggu, 12 Mei 2024 08:05 WIB
Ilustrasi Pilkada DKI Jakarta 2024. (Foto: ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)
Ilustrasi Pilkada DKI Jakarta 2024. (Foto: ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pilkada Jakarta yang akan digelar November ini, diprediksi bakal sengit. Sesengit Pilpres lalu. Nama-nama beken sudah digadang-gadang. Ada yang lewat jalur partai, ada yang lewat perorangan.

Meskipun tidak akan lagi berstatus sebagai Ibu Kota Negara, Jakarta tetap menaruh perhatian besar bagi kalangan elite. Hal ini terlihat dari sikap elite partai yang tidak mau buru-buru putuskan jagoan yang bakal diusung.

Sejauh ini, partai-partai baru sebatas melemparkan nama-nama yang bakal diusung. Daftar nama yang masuk radar parpol juga bukan kaleng-kaleng. Mulai dari petinggi partai, eks kepala daerah, hingga menteri.

Dari PDIP, beberapa nama masuk radar calon Gubernur Jakarta. Mulai dari Basuki Tjahja Purnama, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, eks Panglima TNI Andika Perkasa, hingga Anies Baswedan.

Baca juga : Biaya Kuliah Mahal, Nadiem Dicari-cari Netizen

Gerindra menjagokan 4 kader terbaiknya, seperti Ahmad Riza Patria dan Rahayu Saraswati. Golkar menjagokan eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan eks Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Selain mendorong kader internalnya, PAN juga blak-blakan ingin mengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta. Sementara NasDem dan PKS sama-sama menjagokan Anies Baswedan dan beberapa kader internalnya.

Selain dari jalur parpol, muncul juga tokoh-tokoh yang mengincar Pilkada Jakarta lewat jalur perseorangan. Meskipun belum resmi melakukan pendaftaran, beberapa tokoh non parpol itu, sudah terang-terangan bakal maju di Pilkada Jakarta.

Dimulai dari eks Menteri ESDM Sudirman Said. Dia bakal maju sebagai bacagub berpasangan dengan Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri.

Baca juga : Golkar Jamin Pelantikan Prabowo-Gibran Mulus

Eks Wakil Dirkrimun Polda Metro Jaya Komjen (Purn) Dharma Pongkrekun juga siap maju di Pilkada Jakarta. Tokoh terakhir yang ingin maju lewat jalur non parpol adalah eks Ketum PB HMI Noer Fajrieansyah.

Pendiri lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia atau KedaiKOPI Hendri Satrio menilai wajar banyak nama bermunculan untuk Pilkada Jakarta. Sebab, Jakarta menjadi gengsi politik bagi parpol untuk bisa menang di Pilkada.

Namun, dari sekian nama yang muncul, belum tentu semuanya akan maju. Menurut Hensat-sapaannya, keputusan akhir ada di partai politik.

“Sekarang, semua nama-nama besar kayak Sudirman Said kan muncul di PKS, Demokrat. Kemudian ada Basuki, ada Sri Mulyani, ada Andika di PDI Perjuangan. Ya kemudian juga ada beberapa nama besar lainnya,” tutur Hensat.

Baca juga : Draf RUU Penyiaran Diributin Netizen

Ia memprediksi, Pilkada Jakarta bakal sengit. Terlebih, tidak ada petahana di Jakarta. “Keseruan Jakarta itu tak bisa lepas dari trauma Pilpres kemarin,” kata Hensat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.