Dark/Light Mode

Banyak Calon Yang Muncul

Pilkada Jakarta Bakal Sengit

Minggu, 12 Mei 2024 08:05 WIB
Ilustrasi Pilkada DKI Jakarta 2024. (Foto: ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)
Ilustrasi Pilkada DKI Jakarta 2024. (Foto: ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

 Sebelumnya 
Ia yakin betul, penguasa tetap andil dalam Pilkada. Artinya, penguasa telah menyiapkan calon-calon pemimpin daerah. Menariknya, hal tersebut tidak berarti di Jakarta.

Buktinya, Fauzi Bowo kalah oleh Jokowi. Kemudian Jokowi digantikan Ahok. Meski terbilang satu faksi, Ahok justru kalah oleh Anies. “Jadi, kalau tentang potensi siapa yang paling bisa dipilih oleh warga Jakarta, biasanya sih yang paling masuk akal programnya,” urai Hensat.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, Pilkada Jakarta akan menjadi pertarungan parpol. Sayangnya, kader parpol justru minim popularitas dan elektabilitas dari skema Pilgub.

Baca juga : Biaya Kuliah Mahal, Nadiem Dicari-cari Netizen

Misalnya Riza Patria, Mardani Ali Sera, dan Ahmed Zaki. Kondisi ini membuat banyak tokoh di luar parpol akan membuat parpol kian bertarung memperebutkan kandidat.

Dedi memprediksi, koalisi di Jakarta akan mirip dengan Pilpres. Jika Anies masih diusung, mantan gubernur Jakarta itu potensial kembali terpilih. “Tetapi, jika Anies absen, maka peluang kemenangan ada di koalisi yang saat Pilpres kemarin menang,” ulasnya.

Pakar ilmu politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Ardli Johan Kusuma mengatakan, terdapat peluang terbentuknya koalisi antara PAN, Gerindra, dan Golkar. Koalisi tersebut terbentuk usai Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut peluang partainya mengusung Ridwan Kamil.

Baca juga : Golkar Jamin Pelantikan Prabowo-Gibran Mulus

“Ketiga partai ini masih dalam kondisi hubungan yang hangat-hangatnya setelah memenangkan Pilpres 2024 beberapa waktu yang lalu. Sehingga, komunikasi tentunya dapat dilakukan dengan baik,” kata Ardli.

Hanya saja, ia memprediksi, ketiga partai tersebut akan membutuhkan upaya komunikasi yang lebih serius dalam menentukan nama calon yang diusung di Pilgub DKI Jakarta.

Menurut Ardli, Ridwan Kamil berpotensi diusung PAN, Gerindra, dan Golkar. Namun, survei elektabilitas akan menjadi pertimbangan untuk mengambil langkah terkait pencalonan RK di Jakarta.

Baca juga : Draf RUU Penyiaran Diributin Netizen

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Hasto Kristiyanto masih mencermati nama yang akan diusung. “Nama-nama akan tersaring sesuai dengan usulan dari daerah-daerah,” ungkapnya, Sabtu (11/5/2024).

Ada gosip, PDIP bakal mengusung Anies dan Ahok. Saat ditanyakan peluang tersebut, Hasto tak menyangkal, karena kedua sosok tersebut diusulkan DPC dan DPD PDIP. Namun, penyaringan masih berlangsung di tingkat provinsi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 12 Mei 2024 dengan judul Banyak Calon Yang Muncul, Pilkada Jakarta Bakal Sengit

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.