Dark/Light Mode

Survei Skala Data Indonesia

Elektabilitas Rusdy Mastura Masih Tertinggi Dalam Bursa Pilgub Sulteng

Minggu, 26 Mei 2024 13:01 WIB
Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia Arif Nurul Imam/Ist
Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia Arif Nurul Imam/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Skala Data Indonesia menggelar rilis hasil survei terkait dinamika Pemilihan Gubernur di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Survei digelar 1- 10 Mei dengan metode wawancara tatap muka langsung. Jumlah responden sebanyak 800 responden dengan margin off error kurang lebih 3,46 persen. 

“Survei ini memotret banyak hal. Mulai dari tingkat kepuasan publik, masalah yang menjadi perhatian masyarakat, termasuk persaingan elektoral jelang Pilgub,” ujar Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia Arif Nurul Imam dalam keterangannya, Sabtu (25/5/2024).

Tingkat kepuasan publik terhadap Pemerintah Gubernur Rusdy Mastura masih lumayan bagus di angka 52,2 persen. Sementara isu yang menjadi perhatian masyarakat adalah kemiskinan, pengangguran, KKN, harga kebutuhan pokok dan infrastruktur.

Baca juga : Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Partisipasi Aktif Dalam Tatanan Dunia

“Survei ini juga menyoroti soal pengaruh politik uang. Sebesar 22 persen akan terpengaruh money politic dan 44 persen menyatakan tidak terpengaruh,” katanya.

Menurut Arif, Pilgub Sulteng masih dinamis meski terdapat nama tokoh-tokoh kuat yang masuk dalam bursa Pilgub. Nama Rusdy Mastura, Ahmad Ali dan Anwar Hafid merupakan tokoh yang memiliki elektabiltas lumayan bagus.

“Rusdy Mastura unggul dengan 15,1 persen disusul Ahmad Ali 11 persen, Anwar Hafid 9,4 persen dan tokoh lainnya di bawah 5 persen,” ujarnya.

Baca juga : Hasil Pertandingan Indonesia Vs Uzbekistan, Garuda Muda Dikoyak Serigala Putih

Sementara,  jumlah pemilih yang menyatakan belum memiliki pilihan sebesar 23,3 persen. Sedangkan yang menjawab tidak tahu sebesar 36 persen. Artinya, lanjut Arif, masih banyak pemilih yang tak bertuan akan menjadi ladang perebutan simpati para tokoh yang akan berkontestan.

Rusdy Mastura, lanjutnya, sejatinya memiliki modal politik yang cukup besar lantaran merupakan petahana, selain memiliki tingkat kepercayaan Masyarakat yang lumayan tinggi. Sementara Ahmad Ali memiliki basis besar di Morowali dan sekitarnya.

“Karena itu, Rusdy Mastura jika maju Kembali memiliki modal besar memenangkan pilgub nanti, dan bersaing dengan Ahmad Ali,” tandasnya.

Baca juga : Garuda Muda Tidak Gentar

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.