Dark/Light Mode

Survei Pilwakot Batam: Elektabilitas Marlin Agustina Tertinggi

Selasa, 26 Maret 2024 12:52 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhelatan Pilkada Serentak 2024 mulai menggeliat dan ramai diperbincangkan di berbagai pelosok, tak terkecuali di Kota Batam.

Nama-nama yang digadang-gadang akan maju dalam kontestasi telah bermunculan di ruang publik. Bahkan ada yang sudah memasang atribut secara berpasangan.

Bagaimana peta kekuatan nama-nama yang muncul ke permukaan tersebut?

Lembaga Survei Konsepindo mengirimkan rilis temuan survei lembaganya kepada media.

Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan dari tanggal 5 sampai dengan 11 Maret 2024, nama Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina, keluar sebagai kandidat calon wali kota (Cawalkot) Batam dengan elektabilitas tertinggi.

"Berdasarkan temuan survei lembaga kami, per Maret 2024, Marlin Agustina adalah kandidat terkuat sebagai Cawalkot Batam 2024 dengan elektabilitas sebesar 38,9 persen,” kata Peneliti Konsepindo, Aldo Serena dalam rilisnya yang diterima, Selasa (26/3/2024).

Baca juga : Pertamina Rehabilitasi Mangrove Di Nusa Tenggara Timur

Di bawahnya ada Amsakar Ahmad dengan elektabilitas sebesar 31,1 persen.

“Sementara nama-nama lainnya masih di bawah 4 persen,” imbuhnya.

Aldo Serena menjelaskan, bukan sesuatu yang mengejutkan jika Marlin Agustina menjadi kandidat terkuat untuk Pilwakot Batam 2024.

Marlin diketahui rajin turun ke masyarakat. Ia juga cukup aktif bergerak dalam aktivitas pemberdayaan perempuan dan keluarga.

Posisinya sebagai Ketua Penggerak PKK Kota Batam membuatnya dekat dengan para ibu.

Pada saat yang sama, dalam kapasitasnya sebagai istri Haji Muhammad Rudi, Wali Kota Batam yang sangat populer, Marlin sering turun bersama menyaksikan langsung perencanaan, pelaksanaan dan peresmian pembangunan Kota Batam yang begitu pesat.

Baca juga : FIS Dinilai Berhasil Naikkan Elektabilitas Golkar

“Tak bisa dibantah, posisi Marlin Agustina seperti itu adalah modal kuat dan merupakan keunggulan nyata jika dibanding pesaingnya,” tulisnya.

Pengalaman Marlin Agustina menjadi Wagub Kepri, dan juga perannya dalam mengantarkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak di Kepri pada Pilpres 2024 menjadi modal bagi Marlin untuk mendongkrak elektabilitasnya.

Sementara itu figur di bawahnya adalah Amsakar Ahmad, wakil wali kota petahana.

Figur ini dinilai dirugikan dengan adanya perhelatan pileg pilpres kemarin.

Konsentrasi publik lebih fokus ke pemilu, sehingga sosialisasi pilkada dikesampingkan saat itu.

Dengan demikian Amsakar kesulitan meningkatkan elektabilitasnya. Baru setelah pemilu selesai, dia bisa fokus sosialisasi kembali.

Baca juga : Pilar Saga: Ekonomi Kreatif Kunci Majukan Kota Tangsel

Aldo Serena menilai, jika Marlin Agustina terus konsisten bergerak dan berhasil meyakinkan publik bahwa estafet kepemimpinan di Batam lebih tepat dilanjutkan olehnya, maka probabilitasnya memenangkan Pilwakot cukup tinggi.

Terkait teknis survei, populasi surveinya adalah seluruh warga di Kota Batam yang berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

Seluruh unit populasi di Kota Batam ini mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel.

Survei dilakukan melalui tatap muka secara langsung terhadap 600 responden.

Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error +/- 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Lembaga Konsepindo Riset terdaftar di KPU RI sebagai penyelenggara survei dan quick count Pemilu 2024 dan merupakan anggota Persepi, asosiasi lembaga survei terbesar di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.