Dark/Light Mode

Prabowo Usung Khofifah-Emil

Sekretaris Gerindra Jatim Dilirik PKB Jadi Cawagub

Minggu, 9 Juni 2024 07:20 WIB
Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Anik Maslachah. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Anik Maslachah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tampaknya tengah bermanuver untuk bisa memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024. PKB melirik Sekretaris Gerindra Jatim untuk mendampingi Kiai Marzuki Mustamar.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Anik Maslachah mengatakan, pihaknya melihat potensi Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim Kharisma Febriansyah cukup mumpuni untuk maju di Pilgub Jatim. Kharisma dinilai mewakili segmen pemilih milenial.

“Saat ini 56 persen pemilih adalah anak muda. Sama-sama (dari) partai besar (Gerindra), saya kira sangat menarik,” kata Anik di Surabaya, Sabtu (8/6/2024).

Baca juga : Komisi X DPR: Tidak Usah Ngotot, Nanti Juga Berubah

Anik mengatakan, Kharisma cocok menjadi cawagub Jatim mendampingi mantan Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH Marzuki Mustamar. PKB sudah memplot KH Marzuki sebagai calon Gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2024 ini.

“PKB sedang menyiapkan cagub, selama bisa sejalan dengan kami (Gerindra), why not? Yang penting cagubnya PKB,” tandasnya.

Dia mengatakan, duet KH Marzuki-Kharisma akan sangat mumpuni dan potensial menang di Pilgub Jatim 2024. Kata dia, sejak munculnya hasil survei yang memotret Kiai Marzuki, semakin banyak bermunculan deklarasi-deklarasi dukungan dari berbagai elemen.

Baca juga : Pemerintah Terima Kritik Dan Masukan

Anik menambahkan, PKB saat ini masih tetap menunggu kesediaan Kiai Marzuki dicalonkan di Pilgub Jatim 2024. Apalagi, partainya bisa mengusung calon sendiri dengan bekal 25 kursi di DPRD Jatim.

“Opsi Kiai Marzuki-Kharisma sangat menarik, Kiai Marzuki mewakili kelompok NU-santri, Mas kharisma dari kelompok milenial,” pungkas Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut.

Sebelumnya, Partai Gerindra secara resmi mengusung Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju kembali sebagai gubernur dan wakilgu­bernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Baca juga : BUMN Karya Gaspol Cari Kontrak Triliunan

Dengan adanya rekomendasi dari partai berlambang Kepala Garuda, paslon incumbent terse­but sudah didukung tujuh partai politik (parpol). Yaitu, Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Perindo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.