Dark/Light Mode

Survei LKPI Di Kabupaten Puncak Papua, Peniel Waker Paling Populer

Minggu, 9 Juni 2024 18:17 WIB
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Puncak, Papua, Peniel Waker. (Foto: Ist)
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Puncak, Papua, Peniel Waker. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menggelar survei untuk mengukur elektabilitas para tokoh yang akan maju di Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak, Papua.

Dari hasil survei diketahui ada beberapa nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Puncak Papua. Mereka adalah Kepala Dinas Sosial Peniel Waker, Pelinus Belinal, Menase Wandik, Danius Tabuni, dan Elvis Tabuni. 

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis mengatakan, dari kelima nama tersebut, Peniel Waker memiliki tingkat popularitas tertinggi.

"Peniel Waker menjadi tokoh yang paling populer dengan tingkat popularitas hingga 89,2 persen. Disusul Pelinus Belinal dengan tingkat popularitas 78,7 persen, Menase Wandik 67,2 persen, Danius Tabuni 54,1 persen, dan Elvis Tabuni 52,6," kata Togu, dalam keterangannya, Minggu (9/6/2024).

Togu menjelaskan, Peniel mendapat tingkat popularitas tertinggi lantaran mampu menyalurkan bantuan korban bencana kekeringan. Karena alasan itu juga, Peniel diyakini mampu memimpin Kabupaten Puncak. 

Baca juga : Dilirik PDIP Di Pilgub DKI Jakarta, Anies Merasa Tersanjung

"Akibat kinerja Peniel Waker dalam penyaluran bantuan korban bencana kekeringan di Kabupaten Puncak di tahun 2023," ujarnya. 

Togu Lubis melanjutkan, pihaknya juga melakukan survei soal tokoh yang disukai dan bisa diterima oleh masyarakat sebagai pemimpin Kabupaten Puncak.

"Hasil survei menunjukan Peniel Waker menjadi tokoh yang memiliki tingkat akseptabilitas paling tinggi yaitu 76,7 persen, Menase Wandik 67,4 persen, Pelinus Belinal 65,7 persen, Danius Tabuni 52,7 persen, dan Elvis Tabuni 51,8 ," ujar Togu Lubis.

Sementara itu, hasil survei terkait tingkat elektabilitas tokoh bakal calon Bupati Kabupaten Puncak dengan mengunakan simulasi pertanyaan terbuka pada 880 responden. Nama Peniel Waker menjadi calon Bupati Kabupaten Puncak top of mind (paling diingat) masyarakat Kabupaten Puncak 

"Peniel Waker berada posisi teratas top of mind sebanyak 30,8 persen. Di bawahnya Menase Wandik 20,3 persen, Pelinus Belinal 16,2 persen, Danius Tabuni 8,8 persen, Elvis Tabuni 4,6 persen dan tokoh lainnya di jumlah mencapai 7,7 persen dan yang tidak memilih 11,6 persen," ucap Togu.

Baca juga : Survei LKPI: Helldy Agustian Sosok Pilihan Masyarakat Cilegon

Kemudian, tingkat keterpilihan calon Bupati Puncak dengan mengunakan pertanyaan tertutup dengan simulasi lima tokoh yang dipilih sebagai Bupati Puncak dengan pertanyaan, jika Pilkada digelar hari ini tokoh yang mana yang akan dipilih. Peniel Waker menjadi tokoh yang paling banyak mendapat dukungan dengan tingkat keterpilihan 39,2 persen. 

"Lalu di urutan kedua Menase Wandik 24,7 persen, Pelinus Belinal 12,3 persen, Elvis Tabuni 5,2 persen, Danius Tabuni 4,7 persen, dan tidak memilih 13,9 persen," sebut dia. 

Survei LKPI ini digelar pada 23 Mei hingga 4 Juni 2024 dengan mengunakan observasi metadata dan survei kepada 880 masyarakat Kabupaten Puncak yang ada di 20 distrik. Penarikan sampel ini mengunakan metode sampel acak berstrata pada populasi daftar pemilih tetap di Kabupaten Puncak pada Pemilu 2024.

Menanggapi survei LKPI, pengamat politik dari Institute fot Digital Democracy (IDD), Bambang Arianto menilai Peniel Waker dianggap mampu memimpin Kabupaten Puncak karena kinerjanya sebagai Kadis Sosial telah terbukti melakukan tugasnya dengan baik kepada masyarakat.

Bambang menyebutkan, Peniel Waker sangat besar jika terus melakukan program dan bekerja untuk masyarakat Kabupaten Puncak, Papua.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor Senin 3 Juni, Hadir Di Pospol Gadog

Selain itu, kata Bambang, Peniel Waker bersama timses politiknya harus bekerja keras untuk meyakinkan masyarakat melalui program pro rakyat sepert pendidikan, soal kebutuhan masyarakat. 

"Dengan begitu peluang bagi Peniel untuk menang Pilbup Puncak, Papua," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.