Dark/Light Mode

Survei LKPI: Helldy Agustian Sosok Pilihan Masyarakat Cilegon

Senin, 3 Juni 2024 16:37 WIB
Walikota Cilegon Helldy Agustian. (Foto: IG)
Walikota Cilegon Helldy Agustian. (Foto: IG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 tinggal beberapa bulan lagi. Beberapa nama dirumorkan bakal maju pada Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cilegon.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Indonesia (LKPI) Togu Lubis menyatakan, dari hasil pemetaan di media online dan sosial menunjukkan beberapa nama yang dijagokan untuk mengikuti Pilwalkot Cilegon.

"Di antaranya ada nama Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, anggota DPRD Banten Dede Rohana Putra, juga Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta yang juga bakal maju untuk menjadi nomor satu di Cilegon," kata Togu Lubis dalam keteranganya, Senin (3/6/2024). 

Baca juga : Hari Lahir Pancasila, Rosan Ajak Masyarakat Menjaga Kerukunan

Selain itu, Togu Lubis merinci beberapa tokoh lainnya yang juga muncul sebagai calon potensial. Misalnya, Ketua DPD Golkar Cilegon, Ratu Ati Marliati, dan Isro Mi’raj yang merupakan Sekretaris DPD Golkar Cilegon. Anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi Golkar, Robinsar, juga disebut-sebut sebagai calon kuat. Selain itu, Ketua DPD PAN Cilegon, Alawi Mahmud, turut meramaikan bursa bakal calon Wali Kota Cilegon.

Togu menjelaskan LKPI tertarik melakukan penelitian dengan metode survei kepada masyarakat Kota Cilegon. Tujuannya adalah untuk mengukur preferensi masyarakat terhadap para tokoh tersebut dalam Pilwalkot yang akan berlangsung pada November mendatang.

Dari hasil penelitian didapati bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian mencapai 88,3 persen. "Rinciannya pada angka sangat puas sebanyak 36,1 persen, cukup puas sebanyak 52,2 persen, sisanya 11,7 persen kurang puas dan tidak tahu atau tidak menjawab," ucap Togu. 

Baca juga : Survei LKPI, Tri Adhianto Paling Populer di Pilwalkot Bekasi 2024

Ia menjelaskan, dalam beberapa sektor seperti program pendidikan, infratruktur, kesehatan dan pengentasan pengangguran di kota Cilegon, hasil survei mendapati bahwa dalam program pendidikan sebanyak 81,3 persen publik Cilegon sangat puas dan puas.

Sementara itu, hasil survei menunjukkan bahwa terkait sepuluh janji kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih pada Pilwalkot yang lalu, mayoritas masyarakat Kota Cilegon, sebanyak 80,7 persen, menilai bahwa janji-janji kampanye tersebut mampu dilaksanakan.

Preferensi publik terhadap tingkat popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas bakal calon Wali Kota Cilegon menunjukkan hasil yang menarik. Untuk popularitas atau yang paling dikenal oleh publik Kota Cilegon, Helldy Agustian menempati posisi tertinggi dengan tingkat popularitas sebesar 86,8 persen. Disusul oleh Ratu Ati Marliati dengan 70,2 persen, Isro Mi'raj 60,2 persen, Sanuji Pentamarta 59,2 persen, Alawi Mahmud Dede 42,4 persen, Rohana Putra 40,2 persen, dan Robinsar 30,8 persen.

Baca juga : Xavi Hernandez Digosipin Merapat Ke Chelsea

Adapun, dalam penelitian ini pengambilan data untuk dijadikan objek penelitian yaitu masyarakat Kota Cilegon yang sudah memiliki hak pilih pada pemilihan Wali Kota Cilegon 2023 menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.480 responden dari populasi DPT pemilihan umum 2024 sebanyak 324.562 pemilih yang tersebar secara proposional di 43 Kelurahan di Kota Cilegon, dan survei ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,49 persen dengan Tingkat kepercayaan 95 persen. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.