Dark/Light Mode

Koalisi Atau Oposisi

Hanura Lebih Fokus Urus Rakyat Dan Daerah

Senin, 10 Juni 2024 08:00 WIB
Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta OSO dan Sekjen DPP Partai Hanura Benny Rhamdani di sela-sela Rapimnas II Partai Hanura, di Ancol, 7-8 Juni 2024. Foto: Hanura
Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta OSO dan Sekjen DPP Partai Hanura Benny Rhamdani di sela-sela Rapimnas II Partai Hanura, di Ancol, 7-8 Juni 2024. Foto: Hanura

RM.id  Rakyat Merdeka - Hanura telah menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, pada 7-8 Juni 2024. Ada 14 poin yang diputuskan Rapimnas. Tidak ada sikap Hanura di masa pemerintahan mendatang, apakah masuk koalisi atau oposisi dalam putusan Rapimnas tersebut. Terkait hal ini, partai yang dikomandoi Oesman Sapta (OSO) ini, menyatakan Hanura saat ini lebih fokus urus rakyat dan daerah.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura, Benny Rhamdani menyatakan, berbagai isu kedaerahan, kerakyatan dan ke-Indonesiaan hingga situasi ekonomi dan politik global, masuk dalam pembahasan Rapimnas II Partai Hanura.

“Salah satu poin atau amanah Rapimnas II Partai Hanura, meminta kesediaan Ketua Umum Partai Hanura, Bapak Oesman Sapta, kembali memimpin Partai Hanura untuk Periode 2024-2029. Sebanyak 38 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura di seluruh Indonesia, telah menegaskan dukungan dan meminta Pak OSO untuk kembali memimpin partai,” ujar Benny, kepada Rakyat Merdeka, Minggu (9/6/2024).

Namun, saat ditanya apakah OSO, sapaan Oesman Sapta, menerima mandat itu, Benny mengungkapkan, OSO terkejut dengan adanya desakan itu. “Pak OSO akan menjawab (dukungan) itu, dalam Musyarawah Nasional (Munas) Partai Hanura,” ucapnya.

Baca juga : Atlet Olimpiade Mengecewakan

Ketika ditanya wartawan terkait kemungkinan Hanura bergabung dalam pemerintahan Prabowo-Gibran, Benny menjelaskan, isu terebut tidak termasuk agenda penting dan prioritas di Rapimnas ll Partai Hanura. “Kami lebih fokus urus kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat,” tegasnya.

Di antaranya, sebut Benny, masalah penolakan atas program Tapera dan UKT, mendorong koperasi sebagai sokoguru ekonomi indonesia, reformasi hukum, penataan sistem ketatanegaraan, dan agenda-agenda pembangunan daerah, kerakyatan dan kebangsaan, serta persiapan partai dalam menghadapi dan memenangkan Pilkada 2024.

Saat ini, sambung dia, Partai Hanura tengah melakukan seleksi bakal calon kepala daerah, dan menyiapkan strategi pemenangan di seluruh daerah. “Prioritasnya kader internal, tapi kami tetap terbuka untuk mendukung calon dari partai lain. Jika itu terbaik bagi daerah, kami akan dukung, karena tagline Partai Hanura ‘Berpihak Kepada Daerah’,” cetusnya.

Lebih lanjut, Benny mengungkapkan, banyak tokoh yang mendaftarkan diri melalui Partai Hanura, baik dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, maupun sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Sebab itu, pihaknya akan melakukan penjaringan dan kajian yang matang, agar calon yang diusung benar-benar berpihak kepada kepentingan rakyat, daerah, serta bangsa dan negara.

Baca juga : PDIP Buka Komunikasi Dengan Semua Parpol

“Sejauh ini, bakal calon yang mendaftar untuk tingkat provinsi atau gubernur dan wakil gubernur sudah 73 tokoh. Sementara, untuk tingkat kabupaten dan kota, sudah ada 837 orang. Ini harus kami seleksi secara ketat, agar keputusan yang diambil tepat dan berpihak kepada daerah,” jelas dia.

Benny menambahkan, pilihannya tak mau gegabah dalam memutuskan pasangan calon maupun koalisi partai yang akan dilakukan pada Pilkada mendatang. Prioritasnya, tegas dia, Hanura akan menetapkan dan mengusung calon yang memiliki visi-misi memajukan daerah.

“Sebab, tagline Hanura itu memajukan daerah. Jadi, siapa pun yang memiliki visi memajukan daerah, dibutuhkan oleh daerah, pasti kami dukung,” tegasnya.

Hanura, sambungnya, berkomitmen untuk berperan dalam membangun seluruh daerah di Indonesia. “Hanura ingin Pilkada jadi alat untuk mencapai tujuan tersebut untuk mencapai masyarakat adil dan makmur,” tandasnya.

Baca juga : Basuki: Persiapannya Sudah Mencapai 90%

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 10 Juni 2024 dengan judul Koalisi Atau Oposisi, Hanura Lebih Fokus Urus Rakyat Dan Daerah

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.