Dark/Light Mode

Sudah Daftar Ke NasDem Dan PKB

Anies Bisa Dapat Tiket Cagub DKI

Senin, 10 Juni 2024 08:15 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) menjadi saksi pernikahan Muthiah dan Enrico Mardiansyah, putri dari Presiden PKS Ahmad Syaikhu, di Jakarta, Minggu (9/6/2024). (Foto: IG/aniesbaswedan)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) menjadi saksi pernikahan Muthiah dan Enrico Mardiansyah, putri dari Presiden PKS Ahmad Syaikhu, di Jakarta, Minggu (9/6/2024). (Foto: IG/aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan mulai jemput bola untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. Eks Gubernur DKI itu diketahui sudah mendaftar ke Partai NasDem dan PKB. Bila dua parpol ini merestui, maka Anies bisa dapat tiket Cagub DKI.

Kabar Anies sudah daftar sebagai Cagub DKI diungkap Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim. Kata dia, NasDem memang telah membuka pendaftaran bakal calon gubernur untuk Pilkada serentak, pada 1-7 mei 2024. Di rentang waktu tersebut, dia menyebutkan Anies telah mengambil formulir dan mendaftarkan diri untuk maju di pemilihan gubernur Jakarta 2024.

“Sudah lama (daftar) kan pendaftaran di NasDem 1-7 Mei lalu,” kata Hermawi, saat dikonfirmasi, Minggu (9/6).

Baca juga : Diskusi Tipis-tipis Soal Kabinet, Prabowo-Gibran Seruput Kopi Hambalang

Meski begitu Hermawi mengatakan, saat ini bukan cuma Anies yang sudah mendaftar menjadi cagub DKI. Sebab, ada 2 nama lain dari internal NasDem yang juga ikut mendaftar. Keduanya adalah Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta, Wibi Andriono.

Hermawi mengaku, pihaknya sadar untuk mengusung cagub DKI dibutuhkan teman seperjuangan. Untuk itu, NasDem siap membuka peluang kerjasama dengan partai politik lain.

Ia pun menyampaikan, NasDem mulai intens menjalin komunikasi dengan partai politik di koalisi perubahan, yakni PKS dan PKB. Selain itu, NasDem juga membuka komunikasi dengan PDIP yang sebelumnya menyampaikan ketertarikan untuk mengusung Anies.

Baca juga : Di Jatim, Khofifah Seng Ada Lawan

“Komunikasi dengan semua partai lancar-lancar saja,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, Waketum PKB Jazilul Fawaid mengungkapkan kalau Anies Baswedan sudah mendaftarkan diri untuk maju di Pilgub Jakarta 2024 lewat partainya. Meski Anies adalah mantan Gubernur DKI, dia menegaskan bahwa setiap pihak yang mendaftar akan tetap mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan (UKK). Kalau semua prosesnya berhasil dilewati, maka setelah itu PKB akan melakukan deklarasi dukungan.

“Karena kan Pilgub atau cakada kan pasangan, siapa pasangannya gitu,” kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2024).

Baca juga : Atlet Olimpiade Mengecewakan

Wakil Ketua MPR ini menambahkan, penentuan Cawagub untuk Anies hingga pembentukan koalisi perlu dibahas mendalam. PKB, kata dia, juga punya kader internal untuk dicalonkan. Hanya saja, dia belum mau mengungkapkan nama-namanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.