Dark/Light Mode

Jaring Calon Kepala Daerah

Hanura Tanpa Mahar!

Rabu, 12 Juni 2024 07:30 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Ha­nura, Benny Rhamdani (kiri) saat konferensi pers Road To Pilkada 2024 di Sekretariat DPP Partai Hanura, The City Tower, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2024). (Foto: Hanura)
Sekretaris Jenderal Partai Ha­nura, Benny Rhamdani (kiri) saat konferensi pers Road To Pilkada 2024 di Sekretariat DPP Partai Hanura, The City Tower, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2024). (Foto: Hanura)

 Sebelumnya 
Selain itu, 504 Bakal Calon Bupati, 148 Bakal Calon Wakil Bupati, 143 Bakal Calon Wali Kota, 42 Bakal Calon Wakil Wali Kota, dengan total 837. Dari 837 bakal Calon tersebut, telah menerima rekomendasi: 631 orang.

Sebelum menerima surat reko­mendasi, ratusan Cakada ini terlebih dahulu mengikuti uji kelayakan dan kepatutan oleh DPD Partai Hanura. Selanjutnya mereka diberi kesempatan 1 bu­lan menggenapi syarat minimal dukungan partai politik atau gabungan partai politik.

DPP melalui TPPP Pusat, DPD dan DPC secara proaktif melakukan koordinasi, pen­dampingan dan monitoring agar bakal calon mendapatkan koalisi minimal kursi 20 persen kursi atau 25 persen suara. Kemudian akan diverifikasi dan divalidasi TPPP Pusat untuk diterbitkan su­rat keputusan model persetujuan oleh DPP Hanura.

Baca juga : Iuran Tapera, Batalkan Saja!

Diungkapkan, Hanura mem­buka kesempatan kepada siapa­pun, tua, muda, yang berpotensi. Selain itu, tidak membatasi diri apakah harus koalisi dengan partai yang sama selama Pil­pres, atau kerja sama dengan partai lain.

“Kami tidak hanya berbasis elektoral, tetapi, Hanura yang diminati tokoh penting dan besar di daerah, akan melihat komitmen kepada kesejahteraan daerah,” tandasnya.

Sementara Ketua TPPP Partai Hanura, Syafrizal Ahiar me­maparkan beberapa nama bakal calon gubernur. Di antaranya di Edy Rahmayadi untuk Suma­tera Utara, Herman Deru untuk Sumatera Selatan, Muhammad Kasuba untuk Maluku Utara dan lainnya.

Baca juga : Dedi Mulyadi-Bima Arya Duet Di Pilgub Jawa Barat

Partai Hanura, kata dia, berkomitmen menyelenggarakan Pilkada berjalan jujur dan adil. Dia juga menegaskan proses pencalonan tidak transaksional. “Tidak ada kegiatan soal Pilka­da, di luar kantor Hanura. Kita amat disiplin menghindari kong­kalikong,” tegasnya.

Tim Pengawas TPPP Partai Hanura, Marwan Paris juga me­nambahkan, selama pendaftaran, tidak ada pungutan biaya sepeser pun. “Memang ada upaya dan isu penerimaan uang. Tetapi faktanya tidak ada hal yang merusak citra Hanura. Buktinya, ratusan calon mendaftar,” pung­kasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 12 Juni 2024 dengan judul Jaring Calon Kepala Daerah, Hanura Tanpa Mahar!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.