Dark/Light Mode

Bermitra Dengan Kedubes Australia

OJK Perkuat Climate Risk Management

Senin, 1 Juli 2024 07:00 WIB
OJK, Kedutaan Australia, dan Prospera Perkuat Manajemen Risiko Iklim di Sektor Perbankan Indonesia. Foto: Istimewa
OJK, Kedutaan Australia, dan Prospera Perkuat Manajemen Risiko Iklim di Sektor Perbankan Indonesia. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kedutaan Australia dan Prospera (Australia Indonesia Partnership for Economic Development), meningkatkan kemitraan untuk memperkuat Climate Risk Management bagi industri perbankan di Indonesia. Hal ini sebagai tindak lanjut penerbitan Panduan Climate Risk Management and Scenario Analysis (CRMS) pada Maret 2024.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, kemitraan yang telah terjalin akan memperkuat hubungan antara Australia dan Indonesia, dalam menghadapi tantangan dan peluang risiko iklim di masa depan.

Baca juga : Banyak Dikeluhkan Orangtua, PPDB DKI Amburadul

Dian berharap, kolaborasi ini akan memberikan hasil yang penting “Sehingga perbankan akan dilengkapi dengan panduan dan data yang lebih baik mengenai Climate Risk Management,” ujar Dian dalam keterangan resmi, Sabtu (29/6/2024).

Sementara bagi Indonesia, sambung Dian, akan mampu melakukan penilaian dampak iklim secara bank-wide. Dan mengembangkan kerangka peraturan untuk menilai risiko iklim.

Baca juga : Prancis Vs Belgia, Tim Ayam Jantan Ogah Jumawa

Ia membeberkan, kerja sama ini akan berlangsung selama dua tahun dan meliputi enam cakupan utama, yang meliputi beberapa hal. Seperti pengem­bangan panduan manajemen risiko iklim dengan data yang lebih rinci.

Lalu, pengembangan skenario climate risk stress test untuk Indonesia berdasarkan Skenario Network for Greening the Fi­nancial System (NGFS) terbaru.

Baca juga : MotoGP, Pecca Rajai Sirkuit Assen

Selanjutnya, l pengembangan metodologi perhitungan dampak risiko iklim terhadap kinerja debitur bank, baik itu untuk perusahaan besar maupun UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

“Serta dampak terhadap kinerja keuangan bank (bottom-up stress test),” jelas Dian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.