Dark/Light Mode

Prancis Vs Belgia, Tim Ayam Jantan Ogah Jumawa

Senin, 1 Juli 2024 06:40 WIB
Para pemain Timnas Prancis saat melakukan latihan. (Foto: X Timnas Prancis)
Para pemain Timnas Prancis saat melakukan latihan. (Foto: X Timnas Prancis)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duel Big Match tersaji di babak 16 besar Euro 2024 salah satunya tim favorit, Prancis kontra Belgia di Espirt Arena, malam nanti. Les Bleus alias Tim Ayam Jantan lebih di­unggulkan dibanding The Red Devils.

Prancis adalah salah satu tim favorit bersama tuan rumah Jer­man, Inggris dan Portugal, namun dengan performa tim asuhan Di­dier Deschamps ini belum sesuai harapan. Prancis lolos ke 16 besar, setelah finis kedua di Grup D.

Prancis sempat mengawali Euro 2024 dengan kemenangan 1-0 atas Austria. Kemenangan yang diraih dengan susah payah itu diwarnai cedera hidung Kylian Mbappe. Namun sejak itu mereka gagal memenangkan kedua pertandingan mereka.

Baca juga : MotoGP, Pecca Rajai Sirkuit Assen

Usai ditahan imbang Belanda 0-0, Mbappe akhirnya mencetak gol pertamanya di Euro berkat penalti di laga ketig saat mela­wan Polandia.

Ada sejarah panjang dalam perte­muan kedua tim sejauh ini dengan total 75 pertemuan di antara kedua tim. Seejak 1904, Prancis menang 26 kali dan Belgia unggul 30 kali. Tapi kebanyakan keunggulan Bel­gia terjadi di masa lalu. Sementara di era modern, Prancis lebih unggul. Dalam 13 pertemuan terbaru, Les Bleus menang tujuh kali dan hanya kalah dua kali dari Red Devils.

Bahkan, Belgia seakan mengalami kutukan selama 43 tahun. Belgia belum pernah menang lagi di laga kompetitif atas Prancis sejak Kualifikasi Piala Dunia 1982. Belgia per­nah menang dari Prancis di kualifikasi Piala Dunia 1982 pada September 1981, dengan skor 2-0. Kemenangan terakhir Belgia atas Prancis terjadi pada 2015, bukan di laga kompetitif, melainkan friendly match.

Baca juga : Sarwendah, Usai Oplas Mirip Inul

Meski demikian, gelandang Prancis, Eduardo Camavinga mengaku, Belgia tidak akan mudah dikalahkan. Meski hasil di babak penyisihan grup tidak maksimal, tetapi The Red Devils tetap memiliki pemain berkuali­tas yang dapat mengalahkan semua tim di Euro 2024.

“Belgia adalah tim papan atas dengan pemain-pemain hebat. Di penyisihan grup mereka kurang maksimal, sama seperti kami. Tapi itu sudah berlalu, secara mental, mereka akan berbeda. Mereka tetap tim yang dapat membuat momen yang hebat kapan saja,” kata Eduardo Camavinga.

Prancis diperkirakan bermain dengan skuad terbaiknya, begitu juga dengan Belgia. Les Bleus bakal kembali mengandalkan Kylian Mbappe di lini depan. Se­mentara N’Golo Kante, kembali jadi kunci di lini tengah dalam formasi 4-3-1-2.

Baca juga : Lawan Hacker, Pemerintah Kudu Kompak

Di sisi lain Belgia yang tidak memiliki skuad sebaik 2 edisi Euro sebelumnya diperkirakan tetap mengandalkan Kevin De Bruyne dan Romelu Lukaku. Keduanya diharapkan bakal jadi kunci serangan tim besutan Domenico Tedesco.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 1 Juli 2024 dengan judul Prancis Vs Belgia, Tim Ayam Jantan Ogah Jumawa

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.