Dark/Light Mode

Survei LKPI: Elektabilitas Jan Maringka Pepet Elly Lasut Di Pilgub Sulut

Selasa, 2 Juli 2024 22:14 WIB
Mantan Jamintel Jan Maringka. (Foto: Ist)
Mantan Jamintel Jan Maringka. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) melakukan survei untuk mengukur elektabilitas para calon gubernur yang akan bersaing di Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara November mendatang. Hasil survei menunjukkan, ada kandidat baru yang berpeluang maju sebagai cagub Sulawesi Utara yaitu mantan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) Jan Samuel Maringka. 

Berdasarkan hasil survei, dalam simulasi top of mind, elektabilitas Jan Maringka berada di urutan kedua. Di posisi pertama ada Elly Engelbert Lasut 29,7 persen, Jan Samuel Maringka 27,9 persen, dan Christiany Eugenia Paruntu 9,3 persen. Setelah situ ada 

Steven Kandouw 8,1 persen, Yulius Selvanus Komaling 4,6 persen, Tatong Bara 3,2 persen, Vicky Lumentut 2,2 persen, dan Carlo Tewu 2,1 persen. Responden yang tidak memilih sebanyak 12,9 persen. 

Baca juga : Banteng Prioritaskan Jenderal Andika Maju Di Pilgub Jakarta

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis mengatakan, dalam simulasi lima nama, elektabilitas Jan Maringka tetap berada di urutan kedua. 

"Namun, tingkat akseptabilitas atau penerimaan masyarakat sebagai Cagub Sulut, Jan Samuel Maringka paling tinggi dengan angka 76,7 persen. Disusul Elly Engelbert Lasut 68,3 persen, Steven Kandouw 58,7 persen,Yulius Selvanus Komaling 48,9 persen, dan Christiany Eugenia Paruntu 43,8 persen,” kata Togu Lubis, dalam keterangan tertulis, Selasa (2/7/2024).

Sementara itu, kata Togu, dalam survei juga tergambar tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Sulut mencapai 61,8 persen. Sedangkan yang tidak puas mencapai 38,2 persen.

Baca juga : Petani Se-Indonesia Minta Sudaryono Maju Pilgub Jateng

Survei LKPI ini digelar 20-28 Juni 2024 di 11 Kabupaten dan empat kota di Sulut, dengan melibatkan 1.590 warga Sulut yang sudah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024. Penarikan sampel sebanyak 1.590 orang menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,46 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Di kesempatan sama, pengamat politik dari Institute for Digital Democracy (IDD) Bambang Arianto menilai naiknya elektabilitas Jan Samuel Maringka karena adanya dorongan dari masyarakat Sulut yang ingin perubahan dalam segala bidang, terutama persoalan hukum.

Latar belakang Jan Maringka merupakan modal utama untuk bersaing di Pilgub Sulut November 2024 tahun ini. "Jan Samuel Maringka sebagai mantan Jamintel menjadi salah satu alasan masyarakat Sulut percaya adanya penegakan hukum dan perubahan dalam membangun Sulawesi Utara," jelas Bambang. 

Baca juga : Survei Indikator Politik Indonesia: Mad Ali Unggul Di Bursa Cagub Sulteng

Menurut dia, masyarakat Sulut tidak lagi melihat kepemimpinan dari sosok petahana atau pejabat daerah. "Akan tetapi melihat dari kinerja yang nyata dan yang bisa membawa perubahan bagi pertumbuhan ekonomi maupun keamanan,” pungkas Bambang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.