Dark/Light Mode

Agustus, Keluarin Rekomendasi

Gerindra Sulsel Tak Mau Terburu-buru Pilih Calon

Minggu, 2 Agustus 2020 08:03 WIB
Bendera Partai Gerindra (Foto: Istimewa)
Bendera Partai Gerindra (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra memastikan rekomendasi untuk empat Pilkada 2020 di Sulawsi Selatan (Sulsel) akan rampung pada pertengahan Agustus. Semua pihak diharap bersabar. 

Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan, dalam mengeluarkan rekomendasi untuk pilkada, partainya memang tidak mau terburu-buru. Pasalnya, semua nama harus dipertimbangkan dengan matang agar menghasilkan pemimpin berkualitas. “Butuh pertimbangan matang, makanya kami tidak terburu-buru,” ujarnya, kemarin. 

Disebutkan, saat ini dari 12 daerah menggelar Pilkada di Sulsel. Empat diantaranya masih belum rampung rekomendasi. Pihak DPP Gerindra diyakini masih menggodok nama akan diusung. Ada pun empat daerah belum mendapat rekomendasi itu, sebut Aras, adalah Pilkada Ka bupaten Gowa, Pangkep, Toraja, dan Toraja Utara. 

Baca juga : Anies dan Reklamasi, Senjata Makan Tuan

Menurut Aras, semua pihak di 4 empat itu harus bersabar. Sebab, di pertenghan Agustus rekomendasi untuk 4 daerah itu kemungkina besar sudah keluar. “Insya Allah bulan ini, Agustus, rekomendasi empat daerah itu sudah selesai,” janjinya. 

Rabu, 29 Juli lalu, Gerindra Sulsel telah menyerahkan 5 reko mendasi. Yaitu Muhammad Thoriq Husler-Budiman Hakim di Pilkada Lutim, Arsyad Kasmar-Andi Sukma (Pilkada Lutra), Malkan Amin-Andi Salahud din Rum (Pilkada Barru), Prof Akbar Silo-Daeng Marowa (Pil kada Kepulauan Selayar), dan Kaswadi Razak-Luthfi Halide (Pilkada Soppeng). Sedangkan, Pilkada Makassar, Gerindra sudah lebih dulu mengusung pasangan Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi. 

Ketua Harian Gerindra Pangkep, Muh Arsyad Kunnu mengungkapkan, saat ini pihaknya terus merangkul banyak partai agar lebih solid mengusung pasangan calon di Pilkada Pangkep. Untuk urusan rekomendasi akan diserahkan sepenuhnya ke DPP Gerindra. “Rekomendasi kewenangan DPP. Kami tetap mengusung poros baru di pilkada mendatang,” ujarnya. 

Baca juga : Satu Pemain Timnas U-16 Terserang Flu, Tim Dokter Tak Izinkan Ikut Latihan

Di Pilkada Pangkep, akunya, partai masih membutuhkan dua kursi lagi untuk memajukan pasangan calon usungan. Sehingga, upaya untuk mencari rekan koalisi sangatlah penting. Soal nama diiginkan untuk di usung, Kunnu menyebut, pihaknya sepakat mengusulkan nama legislator Gerindra Sulsel, Andi Nirawati dan pengurus DPC Gerindra Pangkep, Lutfi Hanafi. “Kami memang mendorong kader,” ungkapnya. 

Senada, Wakil Ketua Gerindra Pangkep, Lutfi Hanafi membenarkan partainya terus mencari rekan koalisi. Salah satunya bersama Hanura. Dia menegaskan, keinginan Gerindra mendorong kader selain untuk membesarkan partai, juga punya misi yang tentu mensejahterakan rakyat. Dengan demikian, dia yakin bisa diterima partai yang akan diajak berkoalisi. 

Sementara, Ketua Hanura Pangkep, Nurdin Mappiara menga takan, sampai saat ini belum ada arah koalisi pasti di Pilkada Pangkep. Dengan demikian, dia menyebut upaya Gerindra adalah hal wajar. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.