Dark/Light Mode

Parpol Harus Ikut Tanggung Jawab Soal Kesehatan Pilkada

Minggu, 27 September 2020 22:16 WIB
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai politik ikut bertanggung jawab terhadap kepatuhan pelaksanaan protokol kesehatan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, Minggu (27/9).   

"Ini adalah momentum parpol menunjukan tanggung jawab dalam pesta demokrasi dengan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Pilkada serentak," kata Eddy.

Baca juga : PAN: Parpol Harus Ikut Cegah Penyebaran Corona Di Pilkada

Dia menegaskan, parpol sebagai suatu lembaga yang mengusung pasangan calon seharusnya tidak hanya sebatas mencari kemenangan saja.

Tetapi, kata Eddy, parpol juga bertanggung jawab terhadap hal-hal apa saja yang dilakukan oleh pasangan calon yang diusung.

"Di mana parpol tidak hanya mau menang saja. Tetapi harus bertanggung jawab dalam pemenangan tersebut," ujar dia.

Baca juga : Airlangga: Calon dari Golkar Harus Jadi Panutan Dalam Disiplin Protokol Kesehatan

Ia meminta parpol jangan hanya menyerahkan kepada aparat penegak hukum atau lembaga penyelenggara pilkada di tingkat daerah.

"Memang penegakan protokol kesehatan itu tidak hanya sepenuhnya menjadi tanggung jawab aparat penegak hukum, aparat pelaksana dari kegiatan pemilu, KPU, Bawaslu. Tetapi, juga partai politik," kata dia.

Ia juga meminta parpol yang mengusung pasangan calon dan bagi parpol protokol kesehatan harus betul-betul ditaati,” tandasnya. [BSH]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.