Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kalau Menangi Pilkada Tangsel

Ponakan Prabowo Bidik Piala Adipura

Jumat, 9 Oktober 2020 03:29 WIB
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. [Foto: FB]
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. [Foto: FB]

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nomor urut 1, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo ingin membidik Piala Adipura bila terpilih di Pilkada 2020. Keponakan Prabowo Subianto ini sudah menyiapkan strateginya.

Melalui akun media sosial Facebook miliknya, Sara, sapaan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, mengungkapkan paslon Muhammad-Rahayu Saraswati sudah memiliki program yang disingkat 5S, demi menyabet Piala Adipura untuk Tangsel.

Adipura adalah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Sara menyebut, S pertama dari program 5S adalah sampah. Dia menekankan, saat ini persoalan sampah merupakan isu utama di wilayah Tangsel. Naiknya jumlah penduduk telah menaikan volume sampah per harinya.

Baca juga : Presiden Masih Percaya Terawan

Sara bersama calon Wali Kota Tangsel Muhammad akan menyiapkan teknologi pengelolaan sampah terbaru. Tujuannya, agar sampah bisa dipilah jadi dua. Yang masih bisa terbarukan dan tidak. Sehingga limbah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bisa ditekan volumenya.

"Dengan teknologi pengelolaan sampah terbarukan, (kita) bisa memproduksi biji-biji plastik atau dibuat bahan bangunan dan lainnya," ujarnya, kemarin.

S kedua adalah sanitasi dan saluran air. Menurut jebolan University of Virginia, Amerika Serikat (AS) ini, sebagai kota dengan banyak setu dan sungai, membuat tata kelola pengendalian dan pengelolaan saluran air harus di-manage dengan serius dan terukur. Pasalnya, sanitasi dan saluran air sangat berhubungan erat dengan kesehatan dan kehidupan warga.

S ketiga, sambungnya, adalah sehat dan sejuk. Menurut Sara, ujung dari semua program kebersihan lingkungan di Tangsel adalah membuat warga jadi sehat. Baginya, kesehatan warga adalah aset bagi Tangsel.

Baca juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

Lalu S keempat, adalah subur dan hijau. Pendiri Parinama Astha (ParTha) yang bergerak di bidang perlawanan terhadap praktik perdagangan orang di Indonesia ini mengaku, akan menggalakkan program bercocok tanam di perumahan dan lahan tidur alias kosong. Sehingga, masyarakat setidaknya punya ketahanan baik.

"Dalam program ini (subur dan hijau), kami akan meningkatkan edukasi kepada masyarakat tetang pertanian dan perkebunan. Misalnya dengan lebih meningkatkan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT),” paparnya.

Adapun S kelima, adalah sistem transportasi publik yang terintegrasi dan menjaga udara bersih di Kota Tangsel.

Di kubu lain, Tim Komunikasi pasangan calon petahana Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, Reza Ahmad menyatakan, periode kepemimpinan Airin-Benyamin telah memotivasi pasangan Benyamin-Pilar untuk membawa kota hasil pemekaran ini makin maju dan menjadi kota unggul.

Baca juga : Tuh Kan, Pak Mahfud Ngeri Kalau Begini Nih

Selama periode kepemimpinan Wali Kota Airin Diany dan Benyamin sebagai Wakil Wali Kota, sebut dia, Kota Tangsel berhasil meraih berbagai penghargaan di berbagai bidang. Bahkan mereka berhasil menyabet Piala Adipura 2013. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.