Dark/Light Mode

Pilgub Kalimantan Utara

Survei KCI-LSI Denny JA : Petahana Di Kaltara Unggul 51 Persen

Rabu, 2 Desember 2020 17:12 WIB
Rilis survei KCI-LSI Denny JA di Pilkada Kaltara sepekan menjelang pencoblosan pada 9 Desember 2020.
Rilis survei KCI-LSI Denny JA di Pilkada Kaltara sepekan menjelang pencoblosan pada 9 Desember 2020.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepekan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), 60 persen masyarakat Kalimantan Utara (Kaltara) menilai Irianto Lambrie berhasil memimpin selama 5 tahun terakhir sebagai gubernur.

"Berkat prestasi tersebut, sebanyak 51,5 persen publik menginginkan pasangan petahana Irianto Lambrie-Irwan Sabri kembali terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada tahun ini," kata peneliti LSI Denny JA, Fajar Moestar dalam paparan hasil survei terkini KCI-LSI Denny JA bertajuk 'Persepsi Keberhasilan Kinerja Petahana dan Peluang para Kandidat Menjelang' yang dirilis Rabu (2/12) siang, di Hotel Lotus Panaya, Tarakan, Kaltara.

Untuk diketahui, Pilkada Kaltara yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang diikuti oleh tiga pasangan. Pasangan petahana Irianto-Irawan yang sementara meraih 37,5 persen suara, disusul Zainal-Yansen (23,9 persen), dan Udin-Undunsyah (19,6 persen).

Fajar mengatakan, survei LSI dilakukan secara tatap muka pada tanggal 18-25 November 2020, menggunakan 800 responden yang tersebar di seluruh kabupaten di Provinsi Kaltara, dengan Margin of Error (MOE) +/- 3,5 persen.

Baca juga : Makdir Klaim Mantan Sekretaris MA Nurhadi Dicatut Untuk Mengurus Perkara

Selain survei, KCI-LSI Denny JA juga menggunakan riset kualitatif, untuk memperkuat temuan dan analisa.

"Dari segmen agama, baik pemilih muslim dan protestan, Irianto Lambrie dinilai berhasil memimpin selama 5 tahun terakhir rata-rata diatas 55 persen pemilih pada segmen ini memilik persepsi Irianto Lambrie berhasil," jelasnya.

Kedua, di segmen usia baik pemilih milenial hingga pemilih lansia menilai Irianto berhasil memimpin Kaltara, rata-rata di atas 50 persen di semua kategori usia.

Ketiga, pada segmen tingkat pendidikan baik dari masyarakat berpendidikan rendah hingga tinggi menilai Irianto berhasil memimpin Kaltara, semakin tinggi tingkat pendidikanya semakin tinggi pula tingkat persepsi keberhasilannya.

Baca juga : Debat Pilgub Kalteng, Petahana Paparkan Program Penanggulangan Covid-19

Keempat, di segmen profesi persepsi keberhasilan Irianto juga unggulsi setiap kategori profesi, rata-rata diatas 55 persen. "Kelima, di segmen partai politikmayoritassemua konstituen parpol juga memilik persepsi akan keberhasilan Irianto Lambrie dalam memimpin Kaltara," tegasnya.

Fajar menjabarkan petahana masih unggul di Kaltara karena tingkat popularitas dan akseptabilitas Irianto Lambrie sudah berada di puncak, dimana 92,8 persen masyarakat Kaltara mengetahui dan 67,1 persen masyarakat menyukai Irianto Lambrie.

Selain itu, pada kategori personalitas Irianto Lambrie juga unggul di 5 aspek personalitas persepsi, pintar, jujur, tegas, berwibawa, dan menyenangkan melekat pada sosok Irianto Lambrie.

"Tingkat kepuasan akan kinerja Irianto sebagai gubernurjuga di atas 60 persen," ujarnya.

Baca juga : Survei Charta Politika, Sugianto Sabran Unggul Dari Penantangnya

Namun demikian dengan sisa waktu 7 hari menjelang finish, dinamika dukungan masih mungkin terjadi. KCI-LSI Denny JA menemukan bahwa ada 4 (empat) faktor yang bisa mengubah dukungan di akhir menjelang hari H.

Faktor tersebut adalah, pertama; tingkat partisipasi dan golput. Di hari H pemilihan, kandidat yang paling mampu mendatangkan pemilihnya ke TPS akan diuntungkan dan berpeluang meraih suara maksimal.

Kedua, jika terjadi blunder petahana. Artinya, jika ada blunder politik atau tsunami politik tertentu maka bisa mempengaruhi dukungan terhadap petahana.

"Ketiga, jika ada mobilisasi maha dahsyat oleh kompetitor yang mampu mengubah dukungan. Jika kondisi semua calon sama, maka kondisi elektabilitas hari inisulit berubah," tegasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.