Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pantau Pilkada Serentak Di Jabar

Ridwan Kamil Optimistis Partisipasi Pemilih Di Atas 77,5 Persen

Rabu, 9 Desember 2020 17:30 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pelaksanaan pencoblosan di TPS 5 Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang dan TPS 8 Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu (9/12/2020).  (foto/ist)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pelaksanaan pencoblosan di TPS 5 Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang dan TPS 8 Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu (9/12/2020). (foto/ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengklaim pelaksanaan Pilkada di wilayah Jawa Barat sudah mematuhi protokol kesehatan, dan berharap partisipasi pemilih bisa sesuai dengan target di atas 77,5 persen.

Hal ini disampaikan usai meninjau pelaksanaan pencoblosan di dua wilayah Kabupaten Bandung, yakni TPS 5 Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang dan TPS 8 Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu (9/12/2020).

Kabupaten Bandung merupakan satu dari delapan daerah yang menyelenggarakan Pilkada selain Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Depok.

Baca juga : Pantau Pilkada Serentak, Partai Gelora Gelar Live Report

Proses pencoblosan berlangsung pada hari ini dengan jumlah pemilih sebanyak Sedangkan jumlah pemilih mencapai 11.632.816 orang.

Alasan pengecekan di Kabupaten Bandung, menurut Ridwan Kamil, tidak terlepas dari sisi indeks kerawanan pemilu termasuk yang paling diwaspadai dan jumlah pemilihnya terbanyak.

“Secara umum prosedur sudah baik yah, orang datang cuci tangan dulu, kemudian dites suhu pake sarung tangan plastik. Kemudian para petugas saya lihat juga ditambahi face shield untuk menguatkan prosedur kesehatan,” kata dia.

Baca juga : Amankan Pilkada Serentak, Polri Siapkan 456.141 Personel

“Kemudian saya lihat [pemilih] yang datang relatif tinggi. mudah mudahan ini mewakili tingkat partisipasi yang kita harapkan di atas 77,5 persen. Saya wawancara warga, rata-rata sudah paham calonnya siapa saja. Mereka punya keyakinan untuk memilih dengan baik,” katanya.

Selain menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, semua petugas yang terlibat dalam proses penjagaan hingga nanti penghitungan suara, ia pastikan sudah melewati tes Covid-19.

“Kita kan ada 15 protokol kesehatan selama pemilu ini. Dimulai dari pembatasan jumlah, jaga jarak hingga durasi waktu dipercepat. Tempat [pemungutan suara] sudah didisinfeksi,” terang dia.

Baca juga : Survei Charta Politika, Elektabilitas Pasangan Eri-Armuji Di Atas Angin

“Semua petugas dites menggunakan rapid antigen, yang terbaru. Yang rekatif reaktif langsung diganti,” pungkasnya. [DR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.