Dark/Light Mode

Hasil Quick Count, Pilkada Surabaya Dimenangkan Kader PDIP Lagi

Rabu, 9 Desember 2020 20:42 WIB
Pasangan calon nomor urut 1 Pilkada Surabaya Eri Cahyadi-Armuji. (Foto: Ist)
Pasangan calon nomor urut 1 Pilkada Surabaya Eri Cahyadi-Armuji. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil hitung cepat alias quick count Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya menunjukkan keunggulan pasangan calon nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armuji. Hasil quick count Poltracking, Eri Cahyadi-Armuji meraih 57,41 persen. Sementara paslon nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman, 42,59 persen.

Hasil hitung cepat Populi Center juga menampilkan keunggulan Eri Cahyadi-Armuji dengan 56,51 persen. Sementara Machfud Arifin-Mujiaman 43,49 persen. Kemudian, quick count Charta politica, Eri-Armuji 55,57 persen. Sementara Machfud Arifin-Mujiaman 44,43 persen.

Melihat hasil itu, Eri dan Armuji langsung menyampaikan orasi kemenangan di Kantor DPC PDIP Surabaya, tadi sore. Orasi itu dihadiri juga Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP Tri Rismaharini alias Risma dan Ketua PDIP Surabaya Adi Sutarwijono.

Baca juga : Versi Quick Count Median, Mantu Jokowi Unggul Di Pilkada Kota Medan

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Kami pada hitung cepat sementara unggul dan kalau hitung manual hasilnya Insya Allah tidak akan jauh beda," ujar Eri membuka orasi kemenangannya.

Meski sudah unggul dalam quick count, Eri meminta semua pihak tetap menunggu hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Eks Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu juga meminta pendukungnya, tidak berlebihan dalam merayakan kemenangannya.

Beres Pilkada, Eri menyatakan bakal merangkul dan mengajak semua pihak menjadi satu dalam membangun Kota Surabaya ke depan. "Kita kembali menjadi satu, satu warga Surabaya. Tidak ada lagi berita hoax, saling menjatuhkan. Ayo saling membangun Kota Surabaya," ajaknya.

Baca juga : Libur Pilkada, Layanan SIM Keliling Di Jakarta Tetap Hadir Di 5 Lokasi Ini

Sementara itu, Machfud Arifin-Mujiaman, menyatakan belum mengambil sikap atas hasil hitung cepat itu. Machfud menyatakan, sudah melakukan upaya maksimal dalam Pilkada. Hasilnya, dia serahkan kepada Tuhan.

"Keputusan ada di tangan Allah. Menang kalah bagi kami tidak ada masalah, bukan hak kami menentukan itu," tuturnya.

Bekas Kapolda Jawa Timur itu kemudian mengucapkan terima kasih kepada partai pengusung, pendukung, relawan, serta para simpatisan. Machfud-Mujiaman diusung 8 partai, yakni PKB, PKS, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, Demokrat, dan NasDem. Sementara Eri-Armudji diusung PDIP. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.