Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Akademisi Dukung Kesuksesan Pilkada Saat Pandemi Covid-19

Jumat, 27 November 2020 10:59 WIB
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Mercu Buana Angkatan 36 mengadakan Webinar: “Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada dimasa Pandemi Covid-19”. (Ist)
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Mercu Buana Angkatan 36 mengadakan Webinar: “Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada dimasa Pandemi Covid-19”. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keterlibatan serta kepedulian masyarakat untuk mensukseskan Pilkada dianggap penting. Pada Pilkada tahun ini masyarakat juga diminta untuk ikut menegakkan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Salah satu cara untuk mendukung partisipasi masyarakat di Pilkada, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Mercu Buana Angkatan 36 mengadakan Webinar: “Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada dimasa Pandemi Covid-19”.

Panitia penyelenggara webinar, Nani Kusumawardani, menyebut webinar ini sebagai wujud tanggung jawab publik sekaligus pengabdian dari unsur masyarakat sipil dan kalangan akademisi. Tantangan saat ini jauh berbeda dibandingkan Pilkada sebelumnya.

Baca juga : Petahana Positif Kena Corona

"Terlebih di situasi Pilkada yang terjadi di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, ada tantangan yang berbeda," kata Nani dalam keterangan persnya Jumat (27/11). Melalui diskusi ini dia berharap bisa berdampak positif untuk Pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19.

Sebab itu dalam diskusi selain membahas tentang partisipasi masyarakat juga mengulas kesiapan penyelenggara Pilkada untuk pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020.

"Banyak membahas isu aktual terkait Pilkada," tuturnya.

Baca juga : Duduk Bareng KPU-Bawaslu, Ganjar Bahas Skenario Darurat Pilkada Di Tengah Pandemi Covid

Berbagai narasumber hadir dalam webinar ini. Pembicara yang hadir antara lain Kepala Pusdiklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Berton Suar Pelita Panjaitan.

Dia memaparkan data-data perkembangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kota serta Provinsi yang nantinya menjalankan Pilkada serentak.

Narasumber lainnya Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi memberikan paparan terkait peraturan yang telah dibuat KPU guna mengatur jalannya rangkaian Pilkada serentak dimasa pandemi Covid 19.

Baca juga : AHY Sambangi Gubernur Eddy Menangkan Pilkada Medan 2020

Narasumber Ketiga Wartawan Senior sekaligus Asesor Wartawan Utama pada Uji Kompetensi Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (UKW-PWI) Aat Surya Safaat, menyajikan materi terkait peran media dalam meningkatkan partisipasi publik pada Pilkada di masa Pandemi.

Narasumber terakhir adalah akademisi Heri Budianto menjelaskan terkait apa yang bisa dilakukan dalam sisa waktu menjelang puncak penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

"Kita perlu maksimalkan sisa waktu yang tinggal dua minggu lagi sehingga pelaksana pemilihan sudah mulai melakukan kroscek persiapan pelaksanaan," kata Heri. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.