Dark/Light Mode

Deklarasi Kekalahan

Keponakan Prabowo, Muda Tapi Negarawan

Jumat, 11 Desember 2020 07:13 WIB
Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Rahayu Saraswati (kedua kanan) saat mengumumkan kekalahannya dalam Pilkada Tangsel di Posko Kemenangan Muhamad-Saras di Serpong, kemarin. (Foto: Instagram)
Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Rahayu Saraswati (kedua kanan) saat mengumumkan kekalahannya dalam Pilkada Tangsel di Posko Kemenangan Muhamad-Saras di Serpong, kemarin. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Pasangan Saras, Muhamad, juga mengakui kekalahannya dari Benyamin - Pilar. “Untuk hasil kami sudah akui. Realita seperti itu,” ujar Muhamad.

Meski begitu, Muhamad akan tetap menunggu rekapitulasi resmi dari KPU, yang punya legalitas mengumumkan hasil perhitungan suara Pilkada Tangsel.

Tiga lembaga survei sudah merilis hasil quick count yang mencatatkan ke menangan Benyamin - Pilar. Indikator Politik Indonesia mencatat Benyamin - Pilar meraih 41,86 persen suara, Muhamad - Saras 34,42 persen suara dan Azizah - Ruhama 23,72 persen suara.

Baca juga : Ponakan Prabowo Kepatil Lobster-gate?

Kemudian LSI merekam kemenangan Benyamin - Pilar dengan 43,15 persen suara. Disusul Muhamad - Saras 35,19 persen suara dan Azizah - Ruhama 21,66 persen suara.

Sementara Charta Politika mencatat, Benyamin - Pilar meraih 40,28 persen suara, Muhamad - Saras 35,97 persen suara dan Azizah - Ruhama 23,75 persen suara.

Hasil sementara real count kemarin siang, Muhamad - Saras meraih 63.838 atau 35,1 persen. Azizah - Ruhama memperoleh 43.323 suara atau setara 23,8 persen. Sedangkan Benyamin - Pilar mendapatkan 74.767 suara atau 41,1 persen. Rekapitulasi masih dilakukan hingga 26 Desember 2020.

Baca juga : Keren, Anak Buah Prabowo Unggul Di Gunungkidul

Sikap Saras menuai pujian dari Pengamat Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio. Menurutnya, Saras telah menunjukkan sikap negarawan dengan mengakui kemenangan rivalnya. “Bagus, dari jauh-jauh hari sudah mengakui kemenangan rival. Salut untuk Saras,” ujarnya, semalam.

Sikap Saras, akan membuat masyarakat Tangsel yang berbeda pilihan politik dalam Pilkada, akan kembali guyub. “Jadi tidak terlalu lama terpecah,” tutur pendiri lembaga survei Kedai KOPI ini.

Warganet juga mengapresiasi sikap Saras. “Nah ini bagus, budaya legowo. Salute buat @RahayuSarasswati good job,” ujar @XtoperXman. “Sabar yaaa, mungkin lain waktu bisa menang,” samber @jihanaq67461590. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.