Dark/Light Mode

Kalah Telak

Ponakan Prabowo Kepatil Lobster-gate?

Kamis, 10 Desember 2020 07:37 WIB
Keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati (Foto: Instagram/rahayusaraswati)
Keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati (Foto: Instagram/rahayusaraswati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati, kalah dalam Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) versi quick count alias hitung cepat. Perolehan suara Saras dan pasangannya, Muhamad, terpaut jauh dari pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan. Apa ini karena Saras ikut kepatil kasus lobster-gate?

Benyamin-Pilar unggul jauh di hasil quick count tiga lembaga survei. Ketiganya, yakni Indikator Politik, Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Charta Politika. Calon nomor urut 3 ini meraup lebih dari 40 persen suara.

Baca juga : Ponakan Prabowo Minta WargaTangsel Tak Terprovokasi

Di quick count Indikator, Benyamin-Pilar mendapat 41,86 persen. Muhamad-Saras hanya mampu meraup 34,42 persen. Sementara, Siti Nur Azizah-Ruhama cuma 23,72 persen. Hasil hitung cepat LSI tak beda jauh. Benyamin-Pilar meraih 43,15 persen, Muhamad-Saras 35,19 persen dan Siti Nur Azizah-Ruhama 21,66 persen. Demikian juga hasil quick count Charta Politika. Benyamin-Pilar dapat 40,28 persen, Muhamad-Saras 35,97 persen, dan Siti Nur Azizah Ruhama 23,75 persen.

Kenapa Muhamad-Saras kalah? Padahal, beberapa survei sebelum Pilkada mereka unggul. Contohnya, hasil survei Indikator Indonesia yang diumumkan 17 November 2020.

Baca juga : Fitnah Ke JK Dilawan KPK

Warganet pun bergunjing. Beberapa mengaitkan kekalahan Saras dengan kasus suap lobster-gate yang menjerat kader Partai Gerindra yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Nama Saras terseret lantaran perusahaannya, PT Bima Sakti Mutiara, disebut sebagai salah satu yang dapat izin ekspor bibit lobster.

"Numpang lewat ya. Cuma mau ngasih tahu kalau Rahayu Saraswati kalah di Pilkada Tangsel. Katanya kaing kaing, digigit lobster," cuit @tukangaduayam. "Harusnya bisa menang. Tapi, gara-gara kasus benih lobster mungkin ya suaranya jadi tergerus," sambar @zain_haddy.

Baca juga : Muhammadiyah: Jangan Telantarkan Sila Kelima Pancasila

Akun @legod0965 ikut mengaitkan kekalahan Saras dengan kasus itu plus dengan ulah Fadli Zon yang kerap kontroversial. "Yoi, Fadli Zon effect," imbuh @agung_triantoro.

Saras sempat ditanya soal isu lobster-gate ini usai menemani Muhamad mencoblos di TPS 29, Kelurahan Ciputat, Tangerang Selatan. Tapi, Muhamad yang menjawab pertanyaan itu. "Menurut saya, nggak ngaruh. Itu kan belum terjadi apa-apa. Ini kan belum terbukti," tuturnya. Saras, yang berdiri di sebelah kiri Muhamad, melirik-lirik saja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.