Dark/Light Mode

90 Kadernya Moncer Di Pilkada 2020

Slogan NasDem Cespleng

Selasa, 15 Desember 2020 06:15 WIB
Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Irma Suryani Chaniago. (Foto: Istimewa)
Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Irma Suryani Chaniago. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Irma Suryani Chaniago bersyukur partainya moncer di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Tercatat, ada 90 kader menang di 132 dari 270 daerah pemilihan. Hasil ini merupakan buah slogan suksesi NasDem di Pilkada kali ini. Yaitu, play to win terbukti cespleng.

“Sejak awal NasDem punya slogan “play to win,” main dan menang,” ujar Irma kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, kata kunci kemenangan ini adalah buah konsistensi program tanpa mahar yang diterapkan partai terhadap calon. Sehingga, kader potensial dan berkualitas leluasa berjuang di Pilkada.

Baca juga : McKayla Maroney, Jadi Korban Pelecehan

Soal tanpa mahar ini, Komisaris Independen Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I ini membeberkan, partainya justru mengalokasikan dana untuk membantu pemenanganjagoan NasDem di Pilkada. Dia berkelakar, begitu nikmatnya menjadi kader dan calon kepala daerah dari NasDem.

“Meski ada juga setelah dibantu dan menang nggak tahu diri. He…he…he. Tapi karena niatnyahanya untuk kemakmuran rakyat, NasDem tetap istiqomah,” ucapnya.

Selain program play to win dan tanpa mahar ini, lanjut Irma, NasDem dalam setiap menentukan jagoan di pesta demokrasi, selalu berbasis hasil survei. Ada dua kali survei yang dilakukan. Pertama, di awal menentukan rekomendasi. Kedua, untuk melakukan evaluasi pemenangan.

Baca juga : Moncer Di Pilkada Sulut 2020, PDIP: Makase So Bapilih...

Irma pun memberikan selamat kepada kader NasDem yang dengan kegigihannya tampil sebagai pemenang di Pilkada 2020. Namun, mantan aktivis buruh dan nelayan ini berpesan, tugas selanjutnya bagi para pemenang adalah mengawal restorasi Indonesia.

“Tugas berikutnya adalah mengawal restorasi Indonesia melalui regulasi. Baik di pusat maupun di daerah. Agar yang hitam jadi putih, yang korupsi jadi sadar, yang pragmatis jadi nasionalis, yang oligarki jadi demokrasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Jhonny Gerard Plate mengklaim ada 90 kader murni partainya yang memenangi Pilkada 2020. Klaim ini, didasari data Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem.

Baca juga : Kematangan Kader, Kunci Keberhasilan Golkar di Pilkada 2020

Dia menyebut, 90 kader itu memenangi 132 daerah dari 270 arena Pilkada Serentak 2020. “Persentase kemenangannya 59,46 persen dari 270 daerah yang melaksanakan pilkada,” ujar Jhonny.

Selain itu, NasDem juga membagikan data kekalahan di sejumlah daerah, yakni di tingkat provinsi sebanyak 4 daerah dan di tingkat Kabupaten atau Kota sebanyak 86 daerah. Total, NasDem ikut serta di 266 daerah. Hanya 4 Pilkada yang tak diikuti NasDem. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.