Dark/Light Mode

Survei Pilgub Jakarta

Anies-Risma Kejar-kejaran

Selasa, 16 Februari 2021 06:35 WIB
Menteri Sosial, Tri Rismaharani dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Menteri Sosial, Tri Rismaharani dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut dia, Anies maupun Risma sama-sama memiliki peluang yang besar untuk memimpin Ibu Kota. Begitu juga kandidat lainnya. “Bu Risma punya track record di Surabaya. Semua berhak berkompetisi,” katanya kepada Rakyat Merdeka, Senin (15/2).

Apakah PKS akan menjagokan Anies lagi? Kata dia, partainya masih memperjuangkan revisi Undang-Undang Pemilu untuk dibahas. “PKS masih berjuang untuk Pilkada 2022 dan 2023 tetap berjalan,” katanya.

Baca juga : Jakarta Bermasker Terus Digencarkan

Apa tanggapan PDIP terkait melesatnya Risma? Anggota DPR dari Fraksi PDIP, Sonny T. Danaparamita meminta, semua kandidat untuk terus berkompetisi dengan cara baik. Biarkan Anies dan Risma bekerja melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

“Tidak perlu ada pihak-pihak yang sudah siap-siap melakukan black campaign terhadap keduanya,” katanya kepada Rakyat Merdeka, Senin (15/2).

Baca juga : Hari Ini Jakarta Masih Akan Diguyur Hujan

Dia menilai, apa yang dilakukan Risma saat ini bukanlah sebuah pencitraan atau sedang Pansos dalam rangka Pilkada DKI. Sudah menjadi “gawan bayen” (bawaan bayi, red) Risma bekerja seperti itu.

Namun begitu, kata Sonny, PDIP memiliki mekanisme yang telah diatur terkait Pilkada. “PDI Perjuangan juga memiliki banyak Kader yang menurut saya, sangat layak untuk memimpin ibu kota,” katanya.

Baca juga : Malam Ini, Sejumlah Titik Di Jakarta Kebanjiran

Untuk diketahui, DPR menunda pembahasan revisi Undang-Undang Pemilu. Dengan begitu, Pilkada 2022 dan 2023 sudah dipastikan akan digelar pada 2024. Atau berbarengan dengan Pilpres.

Sementara, jabatan Anies sendiri akan habis pada 2022. Sambil menunggu Pilkada 2024, Gubernur DKI Jakarta akan dijabat Plt. Namun, ada opsi juga jabatan Anies diperpanjang. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.