Dark/Light Mode

Jakarta `Dijajah` Risma

Anies Tak Terusik

Rabu, 6 Januari 2021 07:39 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak dilantik menjadi Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini langsung “menjajah” Jakarta. Dalam dua pekan ini, dia sudah tiga kali blusukan dan mengubek-ubek Ibu Kota. Apakah melihat hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terusik wilayahnya "dijajah" Risma? Nggak tuh. Anies santai saja.

Setelah dilantik 23 Desember 2020, Risma langsung tancap gas. Bukan cuma membereskan masalah pembagian bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Corona, Risma juga ngebut menyelesaikan persoalan gelandangan dan pengemis alias Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Pertama, Senin (28/12), Risma blusukan ke bantaran Sungai Ciliwung dan kolong jembatan, di Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Pusat. Di sana, dia menemui para pemulung dan gelandangan. Wali Kota Surabaya dua periode ini mengajak mereka mengikuti program pemberdayaan di Kementerian Sosial (Kemensos).

Berita Terkait : Risma Dicurigai

Kedua, Rabu (30/12), kader Banteng ini blusukan ke kolong Tol Gedong Panjang, Pluit, Jakarta Utara dan Balai Rehabilitasi Sosial eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur", di Bekasi, Jawa Barat. 

Ketiga, Selasa (4/1), Risma menemui para pengemis dan gelandangan di kawasan Sudirman-MH Thamrin dan Pasar Baru, Jakarta. Tujuannya sama, mengajak mereka ikut program Kemensos.

Banyak pihak curiga bahkan terganggu dengan aksi Risma ini. Namun, tidak demikian dengan Anies Baswedan. Sebagai penguasa Ibu Kota, Anies santai-santai saja. 

Berita Terkait : Alhamdulillah, Anies Sudah Negatif Corona

Sikap Anies ini tergambar dari pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Riza menegaskan, dirinya dan Anies tidak terusik dengan sikap Risma. Riza justru memandang, sikap Risma itu baik. Kata dia, blusukan memang caranya Risma dalam melaksanakan tanggung jawabnya di Kemensos.

"Mensos blusukan memang baik. Setiap pejabat, penting melihat langsung, kami hormati. Silakan Mensos punya cara, metode mengatasi kemiskinan di Indonesia. Pasti Bu Risma tahu bagaimana caranya mengatasi kemiskinan," ucap politisi Partai Gerindra ini, di Balai Kota, kemarin.

Riza mengatakan, masalah pengemis dan gelandangan bukan hanya persoalan Ibu Kota. Hampir setiap daerah memiliki masalah sama. Dia pun yakin, Risma tidak hanya melakukan blusukan di Jakarta. Tapi juga di daerah lain. 

Berita Terkait : Jadi Mensos, Total Harta Risma Rp 7,179 Miliar

"Yang jadi gelandangan, pemulung, yang tidur di kolong jembatan itu terjadi di mana-mana. Terjadi di hampir seluruh provinsi. Tidak cuma di Jakarta, tapi di seluruh Indonesia," tuturnya.
 Selanjutnya