Dark/Light Mode

Pegangannya Undang-undang

Bupati Trenggalek Terpilih Tolak Penambangan Emas

Jumat, 12 Maret 2021 05:55 WIB
Bupati Trenggalek terpilih, Mochammad Nur Arifin. (Foto: Istimewa)
Bupati Trenggalek terpilih, Mochammad Nur Arifin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Trenggalek terpilih, Mochammad Nur Arifin, menolak proyek penambangan emas di daerahnya. Pasalnya, kegiatan itu berbenturan dengan sejumlah aturan perundang-undangan.

Pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Trenggalek 2020 ini memandang lebih baik mengelola hutan dan laut untuk kemakmuran daerah.

“Kabupaten Trenggalek orientasi ekonominya lebih baik mengelola emas hijau dan emas biru dibanding dengan tambang emas,” ujarnya, kemarin.

Baca juga : Tolak Tambang Emas, Bupati Trenggalek Tuai Dukungan Petisi Change.org

Diketahui, izin eksploitasi tambang emas yang diberikan kepada PT Sumber Mineral Nusantara (SMN) pada 2019 oleh pihak ESDM Provinsi Jawa Timur (Jatim) kini tengah berpolemik. Pasalnya, luasan tambang banyak beririsan dengan kawasan lindung dan permukiman.

Mas Ipin, sapaan Mochammad Nur Arifin, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya, luas lahan eksploitasi tambang emas milik PT SMN berjumlah 12.813 hektare.

Setelah dilihat dalam map bentang alam, papar Mas Ipin, lahan itu banyak beririsan dengankawasan hutan, permukiman warga serta ekosistem karst dan bentang alam karst (kapur).

Baca juga : Nolak Tambang Emas, Trenggalek Pilih Emas Hijau Dan Biru

Menurut Mas Ipin, daerah tambang yang banyak beririsan dengan kawasan lindung pasti akan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari. Sebab, kegiatan penambangan akan berbenturan dengan sejumlah aturan perundang-undangan.

Alasan lain yang mendasari penolakan eksploitasi tambang emas di wilayahnya, karena tidak pernah mendapat laporan hasil eksplorasi dari pihak PT SMN sejak 2019.

Padahal sebagai kepala daerahyang bertanggung jawab kepada warga, pihaknya dituntut menyampaikan potensi sumber daya Trenggalek secara terbuka.

Baca juga : Pesona Ikan Cupang Bikin Erick Terkenang Zaman Merintis Bisnis

Periode pertama sebagai Bupati Trenggalek, dia mendukung ekspolrasi emas di Trenggalek. Selain itu, sejauh mana visibility-nya untuk ditambang, dan bagaimana kontribusinya terhadap masyarakat. Akan tetapi, menurut dia, kajian itu sampai sekarang belum ada.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.