Dark/Light Mode

Pantau Pelaksanaan PSU, Ketua Bawaslu Apresiasi Pemilih Indragiri Hulu

Selasa, 20 April 2021 16:39 WIB
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan saat memantau PSU di TPS 3 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (20/4). (Foto: Bawaslu RI)
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan saat memantau PSU di TPS 3 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (20/4). (Foto: Bawaslu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Indragiri Hulu ternyata dipantau langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan, Selasa (20/4). Abhan menyambangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Pria asal Pekalongan, Jawa Tengah itu, datang ke TPS 3 didampingi Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan, rombongan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kapolda Riau. Rombongan ini tiba di TPS pukul 10.30 setelah menempuh perjalanan via udara dari Pekanbaru.

Baca juga : Sandi Dan BGS, Menteri Baru Berkinerja Paling Moncer

Usai PSU, Abhan memberi apresiasi kepada masyarakat Indragiri Hulu yang telah menggunakan hak suara. Padahal cuaca saat PSU digelar tidak terlalu bersahabat.

"Kami apresiasi kepada masyarakat yang pada hari ini datang untuk memilih. Meskipun di tengah cuaca hujan tidak menyurutkan niat untuk menggunakan hak suara," ujarnya.

Baca juga : Sowan Ke Pentolan Dewa 19, Sandi Bahas Pemulihan Industri Musik

Dikatakan Abhan, dari pemantauannya, Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah menggelar PSU dengan protokol kesehatan yang ketat. Para pemilih juga diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan selama berada di TPS.

"Untuk TPS di tempat lain yang menyelenggarakan PSU wajib untuk patuh terhadap protokol kesehatan. Jangan sampai ada yang terinfrksi Covid-19 setelah menggunakan hak suara," ungkapnya.

Baca juga : Bangun Kesadaran Warga, Bang Japar Indonesia Gelar Penyuluhan Hukum

Abhan menambahkan, selain penyelenggara pemilu, pelaksanaan PSU diawasi dan dikawal oleh instansi terkait. Seperti Kepolisian, TNI, Linmas, hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sehingga gelaran PSU di Indragiri Hulu diharapkan bisa memenuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK). [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.