Dark/Light Mode

Warning Petahana Jelang PSU Pilgub Kalsel

Jangan Karena Beda Pilihan, Warga Jadi Terpecah Belah

Selasa, 1 Juni 2021 22:35 WIB
Calon Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. (Foto: Istimewa)
Calon Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Secara terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, Edy Ariansyah juga turut mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam segala hal untuk mensukseskan PSU Pilgub Kalsel. Rencananya, coblos ulang akan digelar Rabu, 9 Juni 2021.

“Kami mendorong partisipasi masyarakat secara luas untuk kelancaran pemilihan, baik pengawasan seluruh tahapan, sosialisasi, pendidikan politik pemilih, survei jajak pendapat,atau hitung cepat,” ujarnya.

Baca juga : Petahana Curhat, Kerap Diserang Lewat Medsos

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kalsel ini mengingatkan, keterlibatan masyarakat dalam mensosialisasikan PSU harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Salah satunya, aktivitas sosialisasi mengandung tidak boleh berpihak, sehingga menguntungkan atau merugikan pasangan calon (paslon).

“Tidak mengganggu proses tahapan. Bertujuan meningkatkan partisipasi, mendorong terwujudnya suasana aman tertib dan lancar,” pungkasnya.

Baca juga : Diajarin Penanganan Dan Pemenangan Pilkada, Praja IPDN Dikuliahi Khofifah Dan Bobby

Seperti diketahui, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan, PSU Pilgub Kalsel di tujuh kecamatan. Kecamatan itu adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan (Kota Banjarmasin), Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul (Kabupaten Banjar) dan Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin.

Total TPS dari 7 kecamatan itu adalah 827 TPS. Kabupaten Banjar zona tergemuk dengan jumlah 502 TPS, selanjutnya Kota Banjarmasin 301 TPS dan Kabupaten Tapin 24 TPS.

Baca juga : Pengusaha Ritel Ingin Daya Beli Naik Lagi

PSU Pilgub Kalsel ini tetap akan diikudi dua paslon. Yakni Sahbirin-Muhidin dan Prof Denny Indrayana-Defriadi Drajad. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.