Dark/Light Mode

Jelang Pilkada NTB 2024

Gerindra Siapkan Calon Hadapi Cagub Pertahana

Selasa, 29 Juni 2021 06:20 WIB
Ketua DPD Gerindra Lombok Utara Sudirsah Sujanto. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD Gerindra Lombok Utara Sudirsah Sujanto. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
HBK juga dianggap punya modal kepemimpinan utama. Yakni sangat menghargai kemajemukan masyarakat NTB.

“Saat Idul Fitri beliau bagikan puluhan ribu Al Quran di ratusan Mushala se-Pulau Lombok. Begitu juga saat Waisak, beliau membagikan dupa dan lilin panca warna dalam menyambut detik-detik Waisak di Vihara Lombok,” bebernya.

Namun, HBK belum memberikan pernyataan resmi terkait dorongan dari kader agar tampil di Pilgub 2024.

Baca juga : Berdikari Distribusikan Hewan Kurban Higienis

“Banyak kader sudah menginginkan beliau. Banyak hal luar biasa sudah diperbuat. Saya tidak berani berspekulasi kalau rencana politik beliau (HBK),” ungkap Sekretaris DPD Gerindra NTB Ali Utsman Al Khairi.

Perlu diketahui, belakangan ini sejumlah kandidat calon Gubernur NTB mulai muncul. Bahkan, beberapa kandidat sudah mulai diduetkan untuk bertarung. Misalnya, Duet Wakil Gubernur (Wagub) NTB Sitti Rohmi Djalilah dengan Wali Kota Mataram Mohan Roliskana.

Duet Rohmi-Mohan mengemuka jika duet Gubernur NTB Zulkifleimansyah (Zul)-Rohmi jilid dua gagal di Pilgub 2024.

Baca juga : BUMN Pangan Siap Jaga Stabilitas Harga Daging

Partai pengusung melihat, peluang duet Rohmi-Mohan untuk menjnadi pemenag di Pilgub NTB sangat terbuka. Modal politik Mohan sudah cukup. Selain sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar NTB, kini Mohan menjabat Wali Kota Mataram.

Pengalaman politik Mohan cukup moncer. Dua periode memimpin DPD Golkar Kota Mataram. Beringin selalu menjadi pemenang di Pemilu Legislatif (Pileg). Pada 2019, Golkar meraih 9 kursi.

Mohan juga memiliki pemilih fanatik, terutama pendukung dari akar rumput. Tapi, Mohan belum berpikir jauh rencana di Pilgub 2024. Dia mengaku baru diamanahkan masyarakat memimpin Kota Mataram. Artinya, tanggung jawab itu harus diselesaikannya sebagai Wali Kota Mataram.

Baca juga : 100 Hari Jelang PON, Menpora Pastikan Semua Sesuai Perencanaan

“Saya belum berpikir ke arah sana. Kalau pun dinamika memasangkan ini, tidak apa-apa. Tinggal membuka pikiran masyarakat untuk agenda politik dalam tiga tahun berikutnya,” jelasnya.

Lalu, bagaimana dengan peluang Wagub NTB Siti Rohmi Djalillah untuk maju di Pilgub NTB 2024? Kakak kandung mantan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi ini punya kans besar untuk dicalonkan di Pilgub. Pasalnya, Rohmi memiliki massa militan.

Sementara, Partai NasDem NTB menargetkan bisa ke luar menjadi pemenang Pemilu dan Pilkada 2024. Partai besutan Surya Paloh ini mengklaim punya potensi besar jadi pemenang Pemilu dan Pilkada 2024 di NTB. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.