Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mulai Roadshow Ke Daerah

Ketua Gerindra Sulsel Didorong Maju Ke Pilgub

Kamis, 15 Juli 2021 06:30 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Iwan Darmawan Aras. (Foto: Dok. DPR)
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Iwan Darmawan Aras. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Iwan Darmawan Aras mulai roadshow ke beberapa daerah. AIA sapaan akrab Andi Iwan Darmawan Aras mengaku, mendapat dorongan untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2024.

Dorongan itu, ujarnya, datang dari sejumlah kader Gerindra atau pun relawan Rumah Juang AIA. Dia pun menyebut itu adalah sebuah aspirasi dan akan jadi bahan pertimbangan baginya untuk maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024.

Diketahui, AIA yang juga anggota DPR itu memiliki jaringan pengusaha di 24 kabupaten dan kota. Jika maju Pilgub Sulsel 2024, tentu AIA berpeluang menang. Apalagi, Gubernur petahana, Nurdin Abdullah terjerat kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Meski demikian, AIA menyebutkan, hasil Pileg 2019 tidak bisa menjadi kendaraan maju Pilgub Sulsel 2024.

Baca juga : Kemendagri Minta Kepala Daerah Terus Berinovasi, Tingkatkan Layanan Publik

Disebutkannya, karena berdasarkan desain Komisi II DPR bersama KPU, Mendagri, Bawaslu, hingga Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) DKPP, maka Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 akan digelar lebih dulu, yaitu Februari 2024.

Sementara Pilgub dan Pilkada Kabupaten dan Kota serentak digelar 9 bulan kemudian pada November 2024. Pilkada Serentak 2024 akan menggunakan tiket hasil Pileg 2024.

Karena itu, AIA mengatakan, peluangnya maju di Pilgub Sulsel 2024 akan ditentukan capaian Gerindra di Pileg 2024. Dia pun mengaku belum mau bicara terlalu dini soal peluangnya maju Pilgub Sulsel 2024. “Variabel-variabel yang sangat menentukan itu ada di Pileg. Karena tiket Pileg nanti jadi tiket pengusungan pasangan calon di Pilkada serentak,” ujarnya.

Baca juga : Korban Kekerasan Seksual Sulit Mendapatkan Keadilan

Saat ini, lanjut AIA, Gerindra Sulsel sedang fokus melakukan pembenahan dan memperkuat infrastruktur politik ke 24 kabupaten dan kota. Salah satunya, memperkuat mesin partai dalam tiga tahun menuju Pemilu 2024.

Apalagi, ujarnya lagi, partainya menargetkan jadi menang di Sulsel, mengalahkan dominasi Golkar dan NasDem. Tak tanggung-tanggung Partai Pimpinan Prabowo Subianto ini ingin meraih 15 kursi DPRD, naik 4 kursi dibanding Pemilu 2014.

Diketahui, nama AIA ikut disebut-sebut punya kans maju calon Gubernur Sulsel 2024 karena berstatus ketua partai level provinsi. Bahkan, di salah satu pekan terakhir, anggota DPR itu menemui dua kepala daerah, yakni dengan Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi dan Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf.

Baca juga : Gerindra Dorong GBK Jadi Rumah Sakit Darurat

Pertama, AIA dijamu makan malam oleh Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi di Rujab Bupati Bone, Selasa (6/7). Lima hari kemudian, dia menemui Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf pada Minggu hingga Senin (12/7). Ia dijamu makan malam oleh orang nomor satu Bulukumba itu. Andi Muchtar merupakan kepala daerah dan kader Gerindra. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.