Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Melihat Lebih Dekat Kiprah Petugas Pemeriksa Jalur Kereta Api

Rabu, 9 Juni 2021 15:21 WIB
Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) tengah mengecek kondisi rel kereta. (Dok. KAI)
Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) tengah mengecek kondisi rel kereta. (Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Joni Martinus mengatakan Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) merupakan salah satu profesi di KAI yang memegang peranan vital. 

Sebab, Petugas Pemeriksa Jalur bertugas memeriksa kondisi jalur yang akan dilewati kereta api untuk memastikan keamanan, demi terciptanya keselamatan perjalanan kereta api.

"Dalam kesehariannya, PPJ melakukan tugasnya dengan berjalan kaki di atas rel dari stasiun atau titik yang sudah ditentukan ke stasiun atau titik lain di wilayah kerjanya," ungkap Joni.

Ia memeriksa secara visual dengan membawa peralatan kerja dan bendera merah, kuning, dan lampu handsign sebagai pengaman perjalanan kereta api.

Baca juga : Melihat Lebih Dekat Alutsista Indonesia

Seorang PPJ memeriksa secara detail kondisi jalur kereta yang dilaluinya, seperti mengencangkan baut-baut rel, mengecek apakah kondisi rel dalam keadaan baik sehingga aman untuk dilewati kereta api. 

"Kedisiplinan dan ketelitian adalah kunci utama seorang PPJ dalam menjalankan tugasnya," imbuh Joni.

Tak peduli hujan badai atau panas terik lanjut Joni, mereka harus terus berjalan untuk memastikan kemanan jalur KA.

Terkadang mereka harus masuk ke terowongan yang gelap atau melintasi jembatan kereta api yang beratus meter tingginya dari tanah.

Baca juga : KAI Larang Masyarakat Ngabuburit Di Jalur Kereta Api

Tugas mengecek jalur ini harus dilakukan agar keselamatan perjalanan kereta api tetap terjamin. 

"Untuk menjalankan tugas tersebut tentu bukan perkara mudah, dibutuhkan fisik dan mental yang baik. Tidak tanggung-tanggung, seorang PPJ harus mampu berjalan sejauh 8-12 kilometer," paparnya.

Maka dari itu kata dia, PPJ dituntut untuk berani dan berhati-hati dan Fokus dalam melakukan pekerjaan terlebih saat berdinas pada jalan rel dan jembatan yang licin di musim penghujan.

Selain mendukung keselamatan kereta api, PPJ juga dituntut menjaga keselamatan dirinya saat bekerja dengan patuh/disiplin pada standar operasional pekerjaan (SOP) yang ditetapkan seperti menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dan menjaga keamanan diri.

Baca juga : Petugas Kudu Pelototi Semua Jalur Tikus...

Ketelitian juga sangat dibutuhkan karena PPJ harus memahami tata cara dan prosedur pemeriksaan jalur kereta api. Ia harus mampu menganalisis dan mengevaluasi hasil pemeriksaan yang berpotensi membahayakan perjalanan kereta api serta menentukan pembatas kecepatan yang diperlukan. 

"Terakhir, PPJ harus mengetahui peraturan dinas yang berkaitan dengan bidang tugasnya," kata Joni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.