Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pasang Target Tinggi Di Pilkada 2024

PDIP Kaltim Incar Kursi Eksekutif Di 10 Daerah

Kamis, 2 September 2021 07:10 WIB
Ketua DPD PDIP Kaltim Safaruddin. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD PDIP Kaltim Safaruddin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan Kalimantan Timur (Kaltim) pasang target tinggi di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Partai yang dikomandoi Megawati Soekarnoputri ini mengincar kursi eksekutif atau kepala daerah di 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Ketua DPD PDIP Kaltim Safaruddin mengaku, partainya mengincar kursi eksekutif atau kepala daerah agar bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat. Apalagi, Pilkada merupakan perwujudan demokrasi di daerah,karena dipilih langsung oleh rakyat. “Kita mengincar kursi Bupati atau Wali Kota. Yang jelas harus kepala daerah,” jelasnya, kemarin.

Baca juga : PKS Ngincar 24 Kursi, PDIP Hanya 15 Kursi

Terkhusus kursi eksekutif daerah sekarang, mantan Kapolda Kaltim ini menjelaskan, saat ini partai banteng moncong putih ini baru berhasil menempatkan kaderdi 5 kabupaten/kota se-Kaltim. Di antaranya Kutai Barat, Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara, dan Balikpapan.

Meskipun begitu dia optimis, pada Pilkada 2024, PDIP Kaltim bisa menempatkan kader di seluruh kabupaten/kota. “Target kita, bisa meraih keseluruhan di Pilkada 2024,” tutur Safaruddin.

Baca juga : Kasus Sembuh Tertinggi Di Jatim, Kematian Di Bali Dan Riau Tembus 5 Besar

Meski mengupayakan untuk bisa menduduki jabatan kepala daerah, Safaruddin menegaskan, PDI Perjuangan juga tidak akan mengesampingkan perolehan kursi di legislatif atau DPRD. Pasalnya, legislatif juga memiliki peran penting bagi masyarakat. “Legislatif itu ada fungsi budgeting, tapi wilayah eksekutornya tetap eksekutif,” ucapnya.

Dia juga mengaku terus melakukan konsolidasi partai di daerah. Bahkan, hingga proses pembentukan pengurus tingkat ranting dan anak ranting. “Kita harus konkretkan, selama ini belum konkret. Basis kita di situ. Mudah-mudahan kalau ini berjalan, perolehan suara PDIP bisa maksimal se-Kaltim,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.