Dark/Light Mode

Dibunyikan NU

Gibran Untuk Gubernur DKI Bukan Mission Impossible

Senin, 13 September 2021 07:50 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan) saat menghadiri acara donor darah dan plasma konvalesen Pimpinan Wilayah (PW) NU DKI Jakarta, Sabtu (11/9/2021). (Foto: Dok. PWNU DKI Jakarta)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan) saat menghadiri acara donor darah dan plasma konvalesen Pimpinan Wilayah (PW) NU DKI Jakarta, Sabtu (11/9/2021). (Foto: Dok. PWNU DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Jika pun kemudian ada yang berminat ingin dijagokan PDIP dalam kontestasi Pilkada, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah ini bilang, prosedurnya masih sama seperti sebelumnya. Ada proses penjaringan dan penyaringan.

“Tapi road map kita itu setelah Pileg dan Pilpres. Setelah Pileg dan Pilpres baru berpacu ke situ, Pilkada,” terang dia.

Baca juga : Layanan Kesehatan Untuk Pekerja Migran Makin Jos

Soal tenggang waktu setelah Pileg dan Pilpres menuju Pilkada, sekitar 10 bulan, menurut Bambang, lebih dari cukup untuk melakukan serangkaian persiapan Pilkada 2014 yang serentak dilakukan.

“Karena PDI Perjuangan punya institusi organisasi sebagaimana kewenangan masing-masing. Tinggal koordinasi. Tingkat kabupaten/kota ya di DPC, untuk provinsi di level DPD. Gak ada masalah,” tandasnya.

Baca juga : Keren, Siswa SMA Ini Bikin Gelang Laron Untuk Pantau Pergerakan Pasien Isoman

Peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI, Prof Siti Zuhro menilai DKI sebetulnya tak kekurangan orang yang berkualitas untuk dijadikan Gubernur. Baik dari kader partai maupun non kader.

“Masalahnya, pilkada itu mahal. Siapapun yang ingin ikut dalam kompetisi dan kontestasi harus memastikan isi tasnya atau uangnya banyak,” kata Prof Siti kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Tak Punya NIK Untuk Divaksin, Tenang Di DKI Bisa Pakai Surat Domisili

Namun, peneliti senior yang karib disapa Wiwik ini memberi catatan untuk karir politik Gibran. Menurutnya, ada yang dirugikan jika sosok yang baru saja ikut pilkada serentak 9 Desember 2020 kembali bertarung di Pilkada 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.