Dark/Light Mode

Sekjen PMI Sudirman Said

Jungkir Balik Hadapi Bencana Di Musim Covid, Relawan PMI Luar Biasa

Selasa, 9 Februari 2021 07:00 WIB
Sekjen PMI Sudirman Said (Foto: Dok. Pribadi)
Sekjen PMI Sudirman Said (Foto: Dok. Pribadi)

 Sebelumnya 
Bagaimana kondisi relawan PMI di masa pandemi, apakah ada penurunan jumlah relawan atau justru bertambah?

Saat bertugas, kami selalu membekali relawan PMI dengan vitamin, masker, dan asuransi. Di samping terus meningkatkan skill mereka melalui pelatihan-pelatihan untuk menjalani tugas di lapangan, serta menerapkan protokol kesehatan.

Jumlah relawan yang bertugas di lokasi bencana, tidak mengalami penurunan. PMI dengan jumlah relawan aktif sekitar 1,2 juta orang, justru saling membantu.

Di lokasi bencana yang melanda Majene dan Mamuju Sulawesi Barat, misalnya. Relawan PMI dari Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah terjun membantu tugas kemanusiaan PMI di wilayah tersebut.

Baca juga : Kemenkes: Pembayaran Klaim RS Yang Menangani Covid-19 Berjalan Lancar

Apakah ada relawan PMI yang gugur saat memberikan bantuan?

Selama masa pandemi Covid-19, sudah 16 orang relawan PMI gugur dalam melaksanakan tugas. Ada yang disebabkan oleh Covid, ada juga yang tidak.

Sebagai pimpinan di PMI, Bagaimana Bapak memotivasi relawan PMI? Apakah ada cara khusus?

Dalam berbagai peristiwa bencana, saya biasanya terlibat dan berkomunikasi secara rutin dengan seluruh tim penanggulangan bencana PMI. Termasuk, dengan relawan-relawan di lokasi bencana. Baik melalui rapat koordinasi harian, maupun ikut mengecek ke lapangan apabila diperlukan.

Baca juga : Melalui Asprov, PSSI Berikan Bantuan Untuk Warga Terdampak Bencana Di Kalsel Dan Sumbar

Kehadiran kami dari pusat dalam merespons cepat dan mendukung serta memfasilitasi berbagai kebutuhan mereka dalam menjalankan operasi, tentunya dapat meringankan dan memecahkan masalah, ketika ada kendala di lapangan.

Intinya, kami berupaya memastikan, agar para relawan yang menjadi ujung tombak dapat menjalankan operasi kemanusiaannya dengan lancar. Di samping memastikan kondisi kesehatan mereka tetap terjaga.

Kami terus mengingatkan, bahwa sebelum menolong orang lain, kita harus dalam kondisi prima dan sehat. Karena itu, kami selalu mengingatkan relawan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, rutin mengecek kesehatan, dan rajin mengkonsumsi vitamin.

Apa pesan khusus yang ingin Bapak sampaikan kepada relawan PMI, yang saat ini bertugas menangani bencana?

Baca juga : Anies: Virus Covid Bukan Fiksi, Ini Semua Nyata...

Saya sebagai pendatang baru di PMI, sangat respect kepada para relawan. Mereka tidak memikirkan risiko bagi dirinya, dan sangat menomorsatukan penanganan bantuan kemanusiaan. 

Saya berpesan, teruslah membantu sesama dalam semangat persatuan. Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Sebelum membantu orang lain, kondisi kita harus sehat dan prima. 

Semoga, para relawan tetap sehat dan bersemangat, karena masyarakat Indonesia - terutama yang terdampak bencana - sangat membutuhkan kehadiran para relawan.  [NNM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.