Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Ini 6 Cara Paling Mudah Mengatasi Internet Lemot

Selasa, 8 Agustus 2023 21:33 WIB
Cara mengatasi internet lemot/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Cara mengatasi internet lemot/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Internet sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Namun, seringkali pengguna mengalami masalah dengan kecepatan internet yang lambat atau sering terjadi gangguan. Kamu pasti merasa kesal ketika sedang menonton film atau bermain game online tiba-tiba koneksi internet lemot. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi internet lemot.

1. Periksa Koneksi Internet

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internetmu. Pastikan kabel yang terhubung ke modem tidak lepas atau rusak. Jika sudah, coba pasang kembali atau ganti dengan yang baru. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk mematikan dan menyalakan kembali modem dan router.

2. Periksa Kecepatan Internet

Baca juga : Sah, Yann Sommer Merapat Ke Inter Milan

Setelah memeriksa koneksi internet, kamu juga perlu memeriksa kecepatan internetmu. Kamu bisa menggunakan situs speedtest.net untuk memeriksa kecepatan internet. Jika kecepatan internetmu di bawah standar, kamu bisa menghubungi pihak provider untuk memperbaiki masalah ini.

3. Matikan Aplikasi yang Menggunakan Banyak Bandwidth

Beberapa aplikasi seperti streaming video atau download file besar dapat menghabiskan banyak bandwidth. Jika kamu sedang mengunduh file besar atau menonton video, coba matikan aplikasi lain yang menggunakan bandwidth untuk meningkatkan kecepatan internetmu.

4. Gunakan Kabel Ethernet

Baca juga : Kemenpora Bikin Program Youth Mental Health Center

Jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi, coba gunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan komputermu langsung ke modem. Koneksi kabel Ethernet lebih stabil dan dapat meningkatkan kecepatan internetmu.

5. Ganti DNS

DNS adalah server yang digunakan untuk menghubungkan nama domain dengan alamat IP seperti dijelaskan ksuarwana.id. Jika DNS yang kamu gunakan lambat, maka koneksi internetmu juga akan menjadi lambat. Kamu bisa mencoba menggunakan DNS seperti Google Public DNS atau OpenDNS untuk meningkatkan kecepatan internetmu.

6. Reset Modem

Baca juga : Ini Cara Mudah Download Video Instagram Story Tanpa Aplikasi

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk mereset modemmu. Namun, sebelum mereset pastikan kamu mengetahui username dan password modem. Setelah mereset modem, pastikan untuk mengatur ulang konfigurasi modem.

Kesimpulan

Internet lemot memang sering menjadi masalah bagi pengguna di Indonesia. Namun, dengan beberapa tips di atas, kamu bisa meningkatkan kecepatan internetmu. Pastikan juga untuk menghubungi pihak provider jika masalah yang kamu alami tidak dapat diatasi dengan cara-cara di atas.

angga yunanda
angga yunanda
Pemerhati IT

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.