Dark/Light Mode

Jalan Panjang Menuju Endemi

Sabtu, 5 Maret 2022 07:07 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kedua, penerapan protokol kesehatan (prokes) tak boleh kendor. Sebab, sekali kita lengah menjaga prokes, akibatnya bisa fatal, pandemi akan semakin panjang.

Ketiga, rumah sakit harus semakin siap menangani pasien Covid dengan gejala sedang, berat dan punya komorbid.

Baca juga : Cepat Rawat Orang Punya Komorbid

Kalau rumah sakitnya makin baik dan nakesnya makin terampil, kita berharap, angka kematian yang cukup tinggi sekarang ini, segera menurun.

Memang di depan ada jalan panjang untuk mencapai keadaan aman Covid, untuk kemudian masuk ke transisi menuju endemi. Tapi kita harus optimis jalan panjang itu bisa dilalui.

Baca juga : Jangan Curi Uang Negara

Untuk masuk ke masa endemi, butuh kerja keras semua instansi pemerintah, butuh dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat serta butuh kekompakan organisasi politik dan kemasyarakatan. Semua harus sabar, bersatu dan berdoa semoga pandemi bisa berubah jadi endemi lebih cepat dari perkiraan kita semua.

Sekarang ini virus Covid masih ada di sekitar kita. Jadi jangan pernah lupa memakai masker bila keluar rumah atau berada di tempat-tempat umum. Hindari kerumunan dan jangan dulu buat acara-acara besar yang bisa memicu munculnya kluster baru. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.