Dark/Light Mode

Reshuffle Adalah Opsi

Rabu, 16 Maret 2022 06:05 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Apa benar Presiden Jokowi akan mengocok ulang kabinetnya? Ya, itulah kabar yang sedang bertiup kencang.

Harus diakui, semua melewati masa-masa yang sulit. Masing-masing langsung diuji skill leadership dan manajerial di tengah kenormalan baru. Situasi demikian sekaligus menjadi instrumen seleksi siapa yang konsisten menunjukkan performa terbaik, karenanya patut dipertahankan.

Baca juga : Terpeleset Korupsi

Di masa-masa tersulit, kabinet ini diperumit oleh perilaku kekuasaan satu dua anggotanya yang diduga menyimpang dan belum sesuai harapan. Benar-benar mengusik kepercayaan. Presiden Jokowi perlu menunjuk pengganti satu dua anggota kabinet itu, yang bisa memulihkan kerusakan wibawa lembaga dimaksud.

Setelah melalui masa-masa yang tidak mudah, maka sejatinya terbuka mana yang bersih, punya skills di atas rata-rata, dan mana yang di bawah rata-rata. Oleh karenanya, jangan ragu bagi Jokowi untuk mengambil sikap tegas untuk ganti pemain dengan yang punya rekam jejak excellent work. Ini agar target pertumbuhan tercapai.

Baca juga : Ibu Kota Baru Dan Keberpihakan

Presiden beserta seluruh jajaran harus segera move on dari pandemi. Masa resesi yang masih membayangi kehidupan perekonomian harus dilewati dengan baik. Sudah harus mulai mengerjakan real work dengan target-target pencapaian yang jelas.

Sudah saatnya pemerintah bekerja dengan perencanaan. Tidak didikte dengan emergency situation. Semua rencana sudah memperhitungkan skenario terburuk. Jadi, perencanaannya andal.

Baca juga : Merangkul Papua

Oleh karena itu, maka anggota tim yang tergabung ialah mereka yang memiliki integritas, sensitivitas, dan sinergitas team work. Karena menyelesaikan persoalan bangsa ini perlu kekompakan. Kerja bareng dengan menjunjung prinsip sinergi dan kolaborasi.

Reshuffle kabinet merupakan opsi yang bisa dilakukan di tengah membumbungnya harapan. Lakukan apa yang semestinya dilakukan. Semoga ke depan makin mantap melangkah. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.