Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangan Semua Cuma Di Jakarta!

Senin, 7 Februari 2022 07:45 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Gara-gara Corona melonjak, Presiden Jokowi memutuskan membatalkan semua kunjungan ke luar kota. Presiden juga melarang menterinya blusukan ke daerah-daerah demi menekan penyebaran Corona.

Perlukah demikian? Rasanya, tidak. Sebab, seorang pejabat, terlebih menteri, harus siap bekerja dalam situasi bagaimana pun. Harus berjuang dan rela berkorban jiwa raga. Jangan terhalang oleh Corona, jangan terhalang oleh Omicron.

Baca juga : Mau Sampai Kapan Begini?

Para menteri harus melakukan tugasnya, seperti blusukan ke pusat-pusat krisis. Menteri harus hadir di tengah-tengah rakyat yang sedang susah. Menteri jangan takut. Negara harus hadir untuk meringankan beban rakyat.

Meski kondisi seperti sekarang, menteri tetap bekerja di lapangan. Sebab, mereka masih bisa turun dengan menerapkan prokes ketat. Jadi, blusukan jangan terhalang oleh Corona. Tetap kerja melayani rakyat, memberikan teladan, bekerja sungguh-sungguh, dalam situasi apa pun.

Baca juga : Seperti Ayam Mati Di Lumbung Padi

Menteri jangan takut dengan apa pun. Bahkan dengan kematian sekalipun. Layani rakyat dan berikan yang terbaik dengan bekerja sepenuh hati di pusat-pusat krisis, di wilayah-wilayah yang rakyat sedang menderita.

Jadi, jangan semuanya dilakukan secara daring. Jangan semua cuma di Jakarta. Kalau semua di Jakarta, siapa yang akan memberikan perhatian kepada rakyat?

Baca juga : Kepala IKN Harus Ngerti Pertahanan

Contohlah pejuang dulu, yang mau ke medan perang. Sekarang, Corona kan juga medan perang. Menteri harus tetap turun ke lapangan. Sebab, itu risiko jabatan. Jangan mau enaknya dan hanya mau enak-enakan di Jakarta. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.