Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Merangkul Papua

Senin, 7 Maret 2022 07:40 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Papua itu Indonesia. Sudah saatnya merasakan ke-Indonesia-an. Merasakan kehadiran pemerintahan yang adil. Merasakan getar persaudaraan kebangsaan. Anak-anak Papua adalah anak bangsa.

Sudah saatnya menemukan cara tepat dan mengena ke hati anak-anak bangsa di Papua tentang apa rasanya menjadi bagian dari keluarga besar bangsa Indonesia. Perasaan ini penting. Ya, bagaimana rasanya menjadi bangsa Indonesia.

Baca juga : Negeri Paradoks

Yang bisa menghadirkan bagaimana rasanya menjadi seorang Indonesian tentu Pemerintah dan saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Bagaimanakah caranya? Banyak cara, sesuai dengan peran politik dan sosial masing-masing.

Pemerintah berkuasa benar-benar harus menjalankan politik dan ekonomi keberpihakan dan pemerataan. Keberpihakan kepada Papua itu harus jelas dan konkret serta dimengerti, terlebih bisa dirasakan.

Baca juga : Varian Baru

Jangan hanya jargon tapi benar-benar tercerap oleh rasa orang Papua.

Pemerataan pembangunan dari dulu sebatas janji kampanye. Berkali-kali harus ditegaskan bahwa Indonesia bukan cuma Jawa, apalagi cuma Jakarta. Tapi seluas mata memandang ke Barat Timur Utara Selatan. Kue-kue pembangunan harus disebar dan dirasakan.

Baca juga : Jangan Semua Cuma Di Jakarta!

Perlu nyali besar dalam mengimplementasi Papua sejahtera. Papua yang tak lagi membara karena mudah terbakar api emosi akibat akumulasi diskriminasi. Hadirkan Indonesia di Papua sekarang juga.

Saudara-saudara sesama anak bangsa harus jadi bagian terpenting dalam keterlibatan menumbuhkan rasa ke-Indonesiaan. Raih dan jabat erat tangan saudara kita di Papua. Saatnya nge-bland maksimal. Semua demi terwujudnya cita Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.