Dark/Light Mode

Bisnis Rakyat Kecil Tak Boleh Mati Suri

Sabtu, 9 Juli 2022 06:39 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Menjelang musim dingin mendatang, permintaan batubara bakal meningkat. Naiknya permintaan pasti akan mengakibatkan naiknya harga.

Tingginya harga batubara, nikel dan minyak sawit, harus bisa menam­bah kocek negara dari pajak ekspor ketiga komoditi tersebut.

Baca juga : Rakyat Miskin Tetap Harus Bisa Makan

Kita berharap, pendapatan negara yang amat besar dari pajak ekspor komoditi andalan ini, sebagian dipakai untuk memenuhi kebutuhan subsidi BBM dan pupuk, sebagian lagi untuk membantu rakyat miskin agar tidak kelaparan saat harga bahan pangan naik.

Kita juga berharap pendapatan dari pajak ekspor batubara dan minyak sawit sebagian dialokasikan untuk menyelamatkan bisnis rakyat kecil agar tidak bangkrut atau mati suri.

Baca juga : Korupsi Tak Ada Matinya

Dalam situasi ekonomi yang amat sulit, pedagang kaki lima, pedagang gorengan dan pedagang asongan tak boleh mati suri.

Sebab, dari bisnis rakyat kecil itulah mereka yang tinggal di perkampun­gan padat penduduk bisa membeli makanan murah, pakaian murah dan bahan pokok dengan harga terjangkau.

Baca juga : Ekonomi Lokal Jadi Andalan

Jadi sekali lagi, kita berharap, pemerintah fokus menyelamatkan bisnis rakyat kecil dari terjangan badai resesi. Kalau bisnis rakyat kecil sela­mat, negara ini juga akan selamat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.