Dark/Light Mode

Siap-siap Hadapi Resesi Ekonomi

Sabtu, 23 Juli 2022 06:39 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kita berharap, cadangan devisa, yang jumlahnya cukup besar, dijaga dengan baik. Terutama dalam mengawal rupiah agar tetap berada pada kurs yang wajar.

Kita juga berharap, ke depan ini pemerintah memberikan bantuan khu­sus kepada perusahaan yang mengalami kesulitan finansial. Tujuannya, supaya mereka tidak melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau pengurangan jumlah karyawan.

Baca juga : Beras Dan BBM Tak Boleh Langka

Sudah saatnya pula, pemerintah memperbanyak lagi proyek-proyek padat karya. Ini penting supaya orang-orang yang berada di lapisan paling bawah tetap bisa makan.

Sedangkan untuk orang-orang miskin dan sangat miskin, perlu di­siapkan bantuan sosial dan bantuan pangan khusus.

Baca juga : Bisnis Rakyat Kecil Tak Boleh Mati Suri

Ketika harga bahan pangan naik, orang miskin tak akan mampu lagi membeli bahan pangan. Untuk itu, perlu ada bantuan khusus dalam bentuk uang tunai.

Pemerintah pusat, pemerintah dae­rah, BUMN dan BUMD sudah saat­nya siap-siap menghadapi kemungki­nan munculnya dampak buruk resesi ekonomi global ke negeri ini.

Baca juga : Rakyat Miskin Tetap Harus Bisa Makan

Jadi sebenarnya yang paling penting, selama rakyat masih bisa kerja, selama rakyat masih bisa mendapat­kan bahan pangan dengan mudah dan harga terjangkau, negeri ini akan mampu menghadapi resesi global. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.