Dark/Light Mode

Tahun Baru Masalah Lama

Senin, 2 Januari 2023 06:26 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagian masyarakat kita baru saja bersukacita dengan datangnya Tahun Baru. Pesta kembang api dan berbagai perayaan digelar di sejumlah titik. Ada juga yang sibuk menyusun resolusi dan menebarkan optimisme.

Namun, sebagian masyarakat lainnya waswas menghadapi 2023. Sebab, di tahun ini, banyak pakar memprediksi, dunia akan menghadapi masa kelabu. Ekonomi akan berjalan lebih berat, bahkan lebih berat dibanding masa pandemi Covid-19 sepanjang 2 tahun kemarin.

Baca juga : Reshuffle & Tahun Baru

Di sisi lain, meski tahun sudah berganti, beragam masalah lama masih tersisa. Seperti kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok, ancamanan pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi karyawan/buruh, juga potensi bencana yang mengintai.

Dari sisi barang-barang kebutuhan pokok, sejak November lalu, harganya sudah merangkak. Mulai dari beras, ayam, telur, tahu/tempe, cabe, dan yang terbaru adalah daging. Kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok adalah masalah klasik. Setiap menghadapi Natal dan Tahun Baru, selalu terjadi. Tahun ini pun terjadi, dan sampai sekarang harganya belum kembali normal.

Baca juga : Evaluasi 2022 Untuk Hadapi 2023

Ancaman PHK juga sama. Sepanjang 2022, serangkaian PHK terjadi bagi sebagian buruh. Menjelang akhir 2022, PHK semakin masif, utamanya pada perusahaan-perusahaan start-up. Nah, di 2023 ini, ancaman PHK ini diprediksi akan terus berlanjut seiring beratnya kondisi ekonomi dunia.

Kemudian, dari sisi potensi bencana, utamanya banjir, juga sama. Pada 28 Desember kemarin, publik dihebohkan dengan informasi yang disampaikan salah satu peneliti BRIN bahwa Jakarta dan Banten akan diterjang badai besar. Kita bersyukur, prediksi itu meleset.

Baca juga : Standar Ganda Tanggapi Survei

Namun, kondisi tersebut tak membuat kita bisa lega 100 persen. Sebab, meski prediksi itu meleset, dengan intensitas hujan yang tinggi, berbagai daerah terendam banjir. Ada korban jiwa dan beberapa masyarakat juga terpaksa mengungsi.

Kita berharap, berbagai masalah lama ini bisa segera diatasi Pemerintah. Agar semua masyarakat mempunyai harapan baru dalam menjalani tahun yang baru ini. Agar kebahagiaan bisa dirasakan oleh lebih banyak masyarakat.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.