Dark/Light Mode

Capres Pilihan Jokowi Masih Teka-teki

Senin, 19 Desember 2022 06:29 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak pakar meyakini, dukungan Presiden Jokowi akan sangat berpengaruh dalam pertarungan Pilpres 2024. Calon yang didukung Jokowi punya peluang besar untuk menang. Hal itu karena Jokowi punya gerbong yang sangat besar, baik dari yang tergabung dalam relawan resmi maupun perorangan yang begitu fanatik. Mereka akan ikut ke mana saja Jokowi “mengarahkan telunjuk” melabuhkan dukungan.

Hal ini sudah disadari para kandidat capres-cawapres. Mereka pun berlomba-lomba untuk selalu dekat dengan Jokowi. Ada yang rajin memuji, ada yang rajin bertemu, ada juga yang terus berusaha merapat.

Baca juga : "Perang" Itu Sudah Dimulai

Lalu, kepada siapa Jokowi akan melabuhkan dukungan? Selama ini, Jokowi dipersepsikan para pakar akan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Alasannya, Jokowi dan Ganjar sama-sama banteng, punya sifat yang relatif sama, dan ada jaminan untuk melanjutkan pembangunan yang dilakukan Jokowi selama dua periode ini.

Baca juga : Tahun Baru, Harga Baru

Tapi, itu baru persepsi. Untuk pastinya, belum ada yang tahu. Semua masih berupa teka-teki. Disebut teka-teki, karena Jokowi menunjukkan sikap terbuka pada semua kandidat.

Untuk para menteri yang mau menjadi capres-cawapres, Jokowi dengan tegas menyatakan mendukung dan akan memberikan izin.

Baca juga : Adu Citra Lewat Survei Elektabilitas

Bahkan, untuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Jokowi bahkan sudah dua kali menyatakan dukungan untuk mantan kompetitornya itu untuk maju di Pilpres 2024. Jokowi juga terbuka terhadap mantan Gubernur DKI Anies Baswedan, yang sudah dideklarasikan NasDem sebagai capres.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.