Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Modal Untuk Rakyat Kecil

Sabtu, 11 Februari 2023 06:26 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesulit apapun ekonomi negeri ini, bisnis rakyat kecil tak boleh mati. Sebab, pengalaman menunjukkan, saat krisis ekonomi, bisnis rakyat kecillah yang menyelamatkan Indonesia dari ancaman kebangkrutan.

Oleh karena itu, saat ekonomi sehat, bisnis rakyat kecil mesti diperkuat. Caranya, selain tambahan modal, bisnis rakyat kecil butuh proteksi dan pendampingan manajemen keuangan.

Baca juga : Stop Pemborosan, Hentikan Korupsi

Sekarang ini, saatnya pemerintah memberikan tambahan modal kepada pe dagang pasar, warung-warung kecil dan pedagang kaki lima. Tambahan modal yang dibutuhkan usaha kecil berkisar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per unit usaha.

Dengan bantuan tersebut, bisnis rakyat kecil diharapkan bisa bangkit lebih cepat. Terutama mereka yang kehabisan modal akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Jangan Sampai Rakyat Lapar

Untuk unit-unit usaha kecil yang sudah bisa bernapas lagi, pemerintah perlu memberikan bantuan tambahan berupa kredit dengan bunga super ringan. Kita berharap, pinjaman bisa diberikan hingga Rp 25 juta per unit usaha.

Selama ini memang sudah ada bantuan dari bank-bank BUMN untuk usaha kecil dengan bunga rendah. Kalau kredit bank ini, ditambah dengan bantuan modal dari pemerintah, bisnis rakyat kecil bisa tumbuh lebih pesat.

Baca juga : Ayo Cepat Buat Proyek Padat Karya

Hal lain yang dibutuhkan bisnis rakyat kecil adalah perlindungan dari pemerintah daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.