Dark/Light Mode

Merdeka Yang Sesungguhnya

Senin, 21 Agustus 2023 00:30 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia itu bukan entitas yang sudah selesai. Indonesia itu proses yang terus-menerus. Proses tersebut berlangsung sampai bumi berhenti berputar.

Ke-Indonesiaan itu mesti terus diperjuangkan. Dengan gigih, mati-matian sampai mati, sebagaimana para founding father republik ini serta jutaan pahlawan perjuangan merebut kemerdekaan dari kaum penjajah. Mereka adalah teladan.

Baca juga : Merdeka Dari Polusi Udara

Sekarang, setelah kemerdekaan direbut, tugas seluruh generasi penerus, seluruh komponen bangsa, berjuang mempertahankan kemerdekaan dari segala jenis penjajahan. Yang kasat mata maupun terselubung. Dengan sepenuh jiwa dan sekuat tenaga.

Para penerus mesti mengisi kemerdekaan dengan cara mewujudkan cita-cita para pendahulu. Negara yang adil, makmur, lahir dan batin. Pancasila mengejawantah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga : Mixue Terdekat, Hadirkan Beragam Menu Favorit

Saat ini, perjuangan kita bukan melawan penjajah bangsa lain, tapi penjajah sesama anak bangsa sendiri. Yaitu, mereka yang diberi amanah kekuasaan politik dan ekonomi tapi perilakunya bak penjajah asing. Mereka suka mengeksploitasi sesamanya sendiri.

Kekuasaannya tidak mereka gunakan untuk membantu serta menyejahterakan sesama anak bangsa. Mereka melakukan praktik penyimpangan kekuasaan sebagaimana para pejabat kolonial dan antek-anteknya. Bahkan mereka lebih keji lagi.

Baca juga : Menunggu Cawapres

Perjuangan di era kemerdekaan saat ini sesungguhnya bukan mengalahkan orang lain, tapi diri sendiri. Yaitu, melawan hawa nafsu sendiri, melawan perasaan malas untuk maju. Itulah mesti dikalahkan kalau ingin jadi anak bangsa yang maju. Dirgahayu Kemerdekaan bangsaku. Diberkahi dengan kemajuan dan kesejahteraan semuanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.