Dark/Light Mode

Percepat Vaksinasi

Sabtu, 27 Maret 2021 06:03 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Oleh karena itu, instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah perlu lebih gencar lagi mendorong vaksinasi lansia.

Kerjasama bisa dilakukan dengan pesantren, pusat pendidikan agama, lembaga sosial kemasyarakatan atau dengan pusat-pusat perbelanjaan.

Baca juga : Ayo Kurangi Konsumsi BBM

Kita juga berharap, persediaan vaksin bisa bertambah. Bahan baku vaksin Sinovac yang sudah masuk cukup untuk memproduksi sekitar 30 juta dosis. Kemudian, meski tidak mudah, vaksin AstraZeneca hingga akhir April diharapkan bisa masuk lagi 3,2 juta dosis.

Sekarang ini negara-negara Eropa mulai memproteksi vaksin mereka. Ini akibat lonjakan kasus baru di Jerman, Belanda dan Perancis, sehingga mereka tak rela, vaksin yang ada dikirim ke luar Eropa.

Baca juga : Jangan Persulit Vaksinasi Covid

Oleh karena itu, diperlukan pendekatan khusus antar petinggi negara, supaya mereka tetap mau mengirimkan vaksinnya ke Indonesia.

Kalau pasokan vaksinnya lancar diharapkan awal tahun 2022 sudah bisa terbentuk kekebalan kelompok.

Baca juga : Sehatkan Dulu Usaha Mikro

Tapi sebelum kekebalan kelompok terwujud, seluruh warga masyarakat, termasuk mereka yang sudah divaksinasi wajib mematuhi protokol kesehatan. Kalau tidak, virus Corona bisa menyebar lebih luas lagi. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.