Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangan Mau Dipermainkan

Jumat, 23 April 2021 06:14 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Jangan takut Covid-19 berlebihan. Biasa saja. Di Indonesia, sejatinya banyak virus yang lebih ganas dari itu dan masyarakat kita telah terbiasa. Jangan terus termakan narasi besar kalangan medis mancanegara.

Di negeri ini sesungguhnya otot-otot masyarakat kita sudah terlatih dengan permasalahan yang lebih kompleks dari virus Corona. Pada saat yang sama, sudah punya mekanisme menyelesaikan masalahnya. Mandiri dan sendiri-sendiri.

Baca juga : Melawan Importir Vaksin

Masyarakat kita terbiasa tidak menyandarkan pertolongan kepada negara. Negara sering absen dari masalah warga negaranya sendiri. Jadi, sejatinya tidak perlu ada yang dikhawatirkan.

Kita tidak mau pemerintah kita mendramatisir geger Corona. Seolah biang masalah hidup berbangsa dan bernegara ini karena Corona. Padahal, sesungguhnya banyak penyebab lain yang berkontribusi signifikan pada masalah bangsa.

Baca juga : Mudik Penyebab Lonjakan Covid

Corona jangan jadi poros kegiatan pemerintahan, sampai-sampai akan dibuat protokol handling-nya segala. Baik-baik saja sih, tapi mestinya tidak jadi urusan ribet. Atau macam kertas protokol. Implementasinya nol.

Kita tidak mau pemerintah hanya reaktif dan tidak menyentuh masalah-masalah yang substantif. Corona masalah global dan kontemporer sejatinya negara punya mekanisme respon terhadap masalah demikian. Ini bukan case pertama dan sejatinya telah banyak belajar.

Baca juga : Kocok Ulang Kabinet?

Mendramatisir masalah Corona boleh saja. Tapi hanya sebagai ekspresi kepekaan pada masalah yang dihadapi bangsa-bangsa lain di dunia. Solidaritas untuk bersama memerangi problem dunia. Ini karena kita adalah the citizen of the world. Harus bersama mengatasi dan menjadikan dunia lebih baik.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.