Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Reshuffle KSP

Senin, 5 April 2021 06:23 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Staf Presiden (KSP) sejatinya merupakan perangkat tangan dan kaki Presiden. KSP tugasnya memperpanjang jangkauan tangan serta memperluas langkah kaki Presiden dalam memastikan kinerja leadership dan manajemen pemerintahan selalu on the right track.

Baca juga : Mental Impor

Untuk itu, lebih banyak fungsi profesionalitas dalam melakukan monitoring dan evaluasi pencapaian para pembantu Presiden sesuai dengan key performance indicators yang telah ditetapkan. Dengan demikian, dapat diketahui mana sektor yang melebihi target, sesuai target, dan di bawah target. Masing-masing pencapaian diberikan apresisasi dan konsekuensi.

Baca juga : `Mahalnya Politik Pangan`

Bila diperlukan, diumumkan kepada publik mana menteri-menteri yang berprestasi dan mana yang belum. Ke internal, tentu saja ada ultimatum keras kepada menteri yang under performance. Kalau tidak bisa memperbaiki, maka berikutnya ia masuk dalam reshuffle.

Baca juga : Demokrat, Oposisi Dan Demokrasi

Dengan demikian, kerja dan tugas KSP itu banyak dan berat. Mesti terukur. Oleh karenanya, figur yang menduduki kursi kepala KSP mesti orang yang fokus dan memiliki skills profesional dalam mengukur kinerja. Karena monitor evaluasi kinerja mesti berkala setiap bulan, triwulan, semester, dan tahunan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.